-->

14 Aplikasi Trading Bitcoin Terbaik dan Aman di Indonesia

Mister Tekno, Selain Forex ada satu lagi trend investasi yang tidak kalah pamornya, yakni Bitcoin. Bahkan, investasi Bitcoin Cryptocurrency keuntungannya bisa mencapai ratusan persen. 

Aplikasi Trading Bitcoin Terbaik
Bitcoin adalah mata uang digital terdesentralisasi, tanpa bank sentral atau administrator tunggal, yang dapat dikirim dari pengguna ke pengguna di jaringan bitcoin peer-to-peer tanpa memerlukan perantara. Transaksi diverifikasi oleh node jaringan melalui kriptografi dan dicatat dalam buku besar yang didistribusikan publik yang disebut blockchain.

The cryptocurrency diciptakan pada tahun 2008 oleh orang tak dikenal atau sekelompok orang menggunakan nama Satoshi Nakamoto. Mata uang ini mulai digunakan pada tahun 2009 ketika implementasinya dirilis sebagai perangkat lunak sumber terbuka.

Namun, sebelum melakukan investasi bitcoin, sebaiknya Anda kenali dulu dimana bisa melakukan jual beli kripto dengan aman, teregulasi dan dan terdaftar di BAPPEBTI. 

Kenapa Harus Terdaftar di BAPPEBTI?

BAPPEBTI adalah sebuah lembaga milik pemerintah yang berada di bawah naungan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi mengemban tugas melakukan pengawasan dan pengaturan terkait perdagangan berjangka. BAPPEBTI memiliki kewenangan antara lain:

  • Menerbitkan izin usaha bagi Bursa Berjangka , Lembaga Kliring Berjangka, Pialang Berjangka, Penasihat Berjangka dan Pengelola Sentra Dana Berjangka; izin bagi perorangan untuk menjadi Wakil Pialang Berjangka, Wakil Penasihat Berjangka, dan Wakil Pengelola Sentra Dana Berjangka; sertifikat pendaftaran bagi Pedagang Berjangka; serta persetujuan bagi Pialang Berjangka untuk menyalurkan amanat Nasabah Berjangka ke luar negeri dan bagi Bank untuk penitipan dana yang terkait dengan perdagangan berjangka.
  • Mengesahkan Peraturan dan Tata Tertib ( Rules dan Regulations ) Bursa Berjangka dan Lembaga Kliring Berjangka serta Kotrak Berjangka yang akan diperdagangkan di Bursa Berjangka, termasuk perubahannya.
  • Memastikan agar Bursa Berjangka dan Lembaga Kliring Berjangka melaksanakan semua ketentuan dan peraturan yang telah ditetapkan serta melakukan pengawasan yang intensif dan pengenaan sanksi tegas terhadap pelanggarannya.
  • Menetapkan jumlah maksimum posisi terbuka yang dapat dimiliki atau dikuasai oleh setiap Pihak dan batas jumlah posisi terbuka yang wajib dilaporkan.
  • Menetapkan Daftar Bursa Berjangka Kontrak Berjangka luar negeri yang dapat menjadi tujuan penyaluran amanat Nasabah dalam negeri.
  • Melakukan pemeriksaan terhadap setiap Pihak yang memiliki izin dan memerintahkan pemeriksaan serta penyidikan terhadap Pihak yang diduga melakukan pelanggaran terhadap ketentuan perundang-undangan di bidang perdagangan berjangka.
  • Mewajibkan kepada setiap Pihak untuk menghentikan atau memperbaiki iklan atau promosi tentang perdagangan berjangka yang dapat menyesatkan.
  • Membentuk sarana penyelesaian masalah yang berkaitan dengan kegiatan perdagangan berjangka.

Selain itu bursa yang sudah terdaftar legal dipastikan memiliki pembayaran dengan menggunakan mata uang Rupiah, ini akan memudahkan Anda untuk menghitung modal trading dan melakukan transaksi karena tidak harus mengubahnya menjadi mata uang asing. 

Kegiatan jual beli Bitcoin ini biasa dilakukan di sebuah tempat, namanya adalah bursa atau exchange cryptocurrency. Exchange sudah menyediakan website khusus, di mana Anda bisa menemukan fasilitas jual beli, mengetahui harga Bitcoin, syarat dan ketentuan hingga berapa biaya yang dibutuhkan untuk memulai trading. 

Selain melalui website, bursa crypto juga menyediakan aplikasi yang bisa diunduh dari Playstore dan AppStore. 

Aplikasi Trading Bitcoin Terbaik di Indonesia

Aplikasi ini bisa Anda gunakan di mana saja dan kapan saja dengan menggunakan smartphone. Mudah dan tentunya idak terlalu memakan memori terlalu besar, Anda pun bisa melakukan kegiatan jual beli hanya dengan menggunakan jari-jari Anda, sambil bersantai, baca buku dan lainnya.  

1. Indodax 

Adalah marketplace untuk membeli dan menjual Bitcoin di Indonesia menggunakan mata uang fiat rupiah. Bursa ini pun sudah berstatus legal operasionalnya di Indonesia karena sudah terdaftar di Bappebti. 

Anda bisa menukarkan Bitcoin ke berbagai aset kripto, seperti Ethereum, Litecoin, Dogecoin, DASH, Ripple, Stellar, XEM, NXT, Bitshares dan aset kripto lainnya secara gratis tanpa potongan biaya.

2. Rekeningku.com 

Rekeningku adalah bursa asal Indonesia yang juga terdaftar di Bappebti, Rekeningku.com menyediakan jual beli aset digital seperti Bitcoin, Ether dan digital asset lainnya. Bursa ini juga baru saja melisting beberapa token baru. 

Aplikasi ini juga memberikan kemudahan bagi trader Indonesia untuk melakukan transaksi dengan biaya murah dengan menggunakan ANA Coin yakni aset digital yang dibuat oleh Rekeningku.com 

3. Triv 

Bursa yang menyediakan  layanan jual beli Bitcoin  dan aset crypto lainnya secara  real time selama 24 jam dan sudah bekerja sama dengan puluhan bank di Indonesia. Bursa ini juga sudah berstatus legal di dalam negeri karena telah terdaftar di Bappebti      

4. Binance 

Binance adalah pertukaran cryptocurrency yang menyediakan platform untuk perdagangan berbagai cryptocurrency. Pada Januari 2018, Binance adalah pertukaran mata uang digital terbesar di dunia dalam hal volume perdagangan. 

Bursa ini telah bekerja sama dengan bursa lokal Indonesia yakni Tokocrypto dan sudah memperdagangkan aset kripto berbasis rupiah, yakni stablecoin IDRT. 

5. SnapEX

Bursa yang terkenal dengan fasilitas margin trading atau trading dengan dana pinjaman. SnapEx menyediakan berbagai aset digital seperti BTC, Ethereum (eth), Ripple, BCH, dan lain sebagainya. 

Mungkin kekurangannya adalah sistem pembayaran di SnapEx belum menyediakan gate rupiah, jadi untuk deposit Anda harus menyediakan USDT atau ETH . Namun tempat ini bisa menjadi salah satu pilihan jika Anda ingin melakukan margin trading.

6. UpBit

UpBit adalah bursa yang berasal dari Korea Selatan, tapi ia sudah membuka operasionalnya di Indonesia dengan nama UpBit Indonesia dan terdaftar di bappebti. Sehingga keberadaannya dapat dipertanggung jawabkan sesuai aturan yang berlaku. 

Bursa UpBit menyediakan 165 aset digital dan memiliki layanan real time 24/7 sehingga jika Anda kesultan untuk proses jual beli di sini Anda dapat menghubungi customer care UpBit. 

7. OkeX

Bursa yang terkenal dengan futures trading atau perdagangan berjangka. Bursa ini menyediakan ratusan pasangan token & perdagangan berjangka untuk membantu trader mengoptimalkan strategi mereka. 

Perdagangan berjangka BTC yang dimiliki OKeX ini  hampir menyentuh $ 1,5 miliar volume setiap hari.

8. Tokocrypto 

Tokocrypto adalah bursa legal yang sudah terdaftar di Indonesia, menyediakan berbagai jensi aset crypto dari Bitcoin, Ethereum, Litecoin dan lain sebagainya. 

Bursa ini pun menyediakan deposit dengan menggunakan Rupiah sehingga mempermudah pengguna di Indonesia. Bursa ini pun sudah melakukan upgrade untuk meningkatkan layanan.

9. Bithumb 

Bithumb adalah pertukaran mata uang digital populer yang berbasis di Korea Selatan. Ini memungkinkan pengguna untuk berdagang  koin dan token crypto termasuk Bitcoin, Ethereum dan Ripple. 

Volume perdagangan 24 jamnya ditampilkan secara teratur ditampilkan dalam daftar 10 pertukaran crypto terbesar di dunia. Namun pertukaran atau bursa ini belum terdaftar secara resmi di Indonesia.

10. Huobi 

Huobi adalah pertukaran mata uang kripto yang berkantor pusat di Singapura. Bursa ini terkenal dengan banyaknya pasangan perdagangan cryptocurrency yang tersedia yakni  hampir 400. 

Ini juga merupakan token yang dapat digunakan untuk berdagang untuk cryptocurrency lainnya di platform Huobi. 

11. Pintu

Merupakan aplikasi termudah untuk jual beli cryptocurrency (trading bitcoin). Aplikasi Pintu dikembangkan oleh PT Pintu Kemana Saja, perusahan rintisan (startup) yang didirikan di Jakarta pada tahun 2019.

Pintu menawarkan kemudahan bagi pengguna untuk membeli mata uang digital dengan desain aplikasi digital (user interface) yang praktis, simpel, dan tanpa ribet. Pengguna dapat menyimpan, mengirim, membeli, dan berdagang aset cryptocurrency seperti bitcoin, ethereum, dan lainnya secara instan melalui digital smartphone.

Aplikasi Pintu juga telah resmi berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, sehingga Pintu dijamin aman dan memiliki payung hukum yang jelas. Saat ini, Pintu telah terintegrasi dengan beberapa jaringan blockchain seperti Bitcoin, Ethereum, dan Binance Chain

12. ZipMex

Bursa ini pun sudah terdaftar di Bappebti sehingga berstatus legal untuk menjalankan operasionalnya di dalam negeri. ZiMex merupakan bursa yang menyediakan fasilits jual beli Bitcoin atau aset crypto lainnya di Indonesia. 

13. Bitocto

Bitocto adalah situs trading Bitcoin Indonesia yang mulai beroperasi sejak tahun 2018. Bitocto memberikan layanan jual beli digital asset dengan mudah dan aman.

Anda dapat mengunjungi website Bitocto, mendaftar, dan mulai trading di platform Bitocto.

14. Remitano

Remitano adalah bursa cryptocurrency dengan sistem peer to peer di mana para pembeli dan penjual cryptocurrency bisa saling bertemu dan membeli atau menawarkan harga crypto yang sesuai dengan keinginan mereka.

Anda bisa melakukan jual beli menggunakan mata uang fiat dan crypto. Satu lagi keunggulan di Remitano sudah tersedia Rupiah sehingga akan memudahkan pengguna Indonesia dalam melakukan transaksi tanpa repot mengurus konversinya.

Cara Trading Bitcoin

Dalam perdagangan cryptocurrency, ada tiga hal utama yang harus Anda perhatikan, yaitu: membeli (buy), menjual (sell) untuk mengambil keuntungan (take profit), dan penarikan (withdrawal). Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Membeli Bitcoin (Buy)

  • Mulai perdagangan (trading) Bitcoin! Buka aplikasi exchange, lalu pilih aset crypto. Anda bisa memilih aset crypto di wallet card atau pada daftar aset crypto di homepage. Untuk ilustrasi ini, mari kita pilih Bitcoin.

Cara Trading Bitcoin

  • Jangan lupa cek harga sebelum beli, Anda bisa cek harga Bitcoin terkini di homepage. Anda juga bisa melihat grafik harga Bitcoin dengan tap salah satu aset crypto di homepage.

Cara Trading Bitcoin

  • Sekarang Anda dapat melihat estimasi harga beli dan harga jual Bitcoin. Untuk melakukan pembelian (buy), tap tombol beli.

Cara Trading Bitcoin

  • Setelah itu, masukkan jumlah Bitcoin yang ingin Anda beli. Tap tombol berikutnya. Anda bisa memasukkan jumlah Bitcoin yang ingin dibeli dalam Rupiah, atau Anda juga bisa membelinya dalam bentuk Bitcoin dengan tap tanda panah dua

Cara Trading Bitcoin

  • Konfirmasi pembelian bitcoin. Tap beli sekarang untuk membeli bitcoin!

Cara Trading Bitcoin

2. Menjual Bitcoin (Sell)

  • Jika Anda ingin menjual Bitcoin, tap tombol jual di wallet card atau di icon Bitcoin pada homepage.

Cara Trading Bitcoin

  • Masukkan jumlah Bitcoin yang ingin Anda jual. Anda bisa memasukkan jumlah Bitcoin yang ingin dijual dalam Rupiah, atau Anda juga bisa menjualnya dalam bentuk Bitcoin dengan tap tanda panah dua. Tap tombol berikutnya.

Cara Trading Bitcoin

  • Terakhir konfirmasi penjualan.

Cara Trading Bitcoin

  • Selamat, Anda sudah berhasil melakukan perdagangan trading bitcoin! Saldo Rupiah akan bertambah di Wallet rupiah Anda.

Cara Trading Bitcoin

3. Menarik Saldo Rupiah ke Bank (Withdrawal)

Untuk menarik uang Anda dari aplikasi, Anda bisa memilih opsi penarikan uang (withdrawal). 

Itulah dia aplikasi exchange atau tempat trading yang bisa Anda pilih untuk melakukan trading atau jual beli Bitcoin dan aset digital lainnya. Pilihlan exchange yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan menyediakan beragam macam aset.

Disclaimer!!!

Admin sarankan bertrading jangan menggunakan uang hasil pinjaman di Bank atau uang dapur/sehari-hari karena beresiko terlalu besar. Pastikan jika Anda ingin bertrading sudah mempunyai dana lebih dan punya dana nganggur atau punya banyak uang dari bisnis yang udah pasif income. Deposit semampunya jangan terlalu memaksakan keadaan selalu kontrol Money Management. Pelajari ilmu psikologi agar bisa mengontrol emosi dan terakhir hindari tamak.

0 Response to "14 Aplikasi Trading Bitcoin Terbaik dan Aman di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel