14 Trik Android yang Belum Diketahui Semua Orang, Keren!

Mister Tekno, 14 Trik Android yang Belum Diketahui Semua Orang, Keren | Tahukah Anda trik Android yang belum diketahui?, Jika Anda belum mengetahuinya tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang trik rahasia Android yang belum diketahui oleh semua orang, dan trik ini bisa menampilkan fitur-fitur keren. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai trik Android yang belum diketahui secara lengkap yang ada dibawah ini.
Trik Android yang Belum Diketahui
trik Android yang belum diketahui

Trik Android Keren yang Belum Diketahui Semua Orang


Siapa sih yang tidak menggunakan smartphone Android saat ini? Hampir semua kalangan baik anak-anak hingga dewasa memakainya. Namun, tidak semua orang mengetahui fitur yang tersembunyi di dalam ponsel pintar tersebut. 

Anda harus meng-eksplor fitur-fitur tersebunyi yang ada dalam ponsel Android tersebut agar dapat bekerja maksimal dan menampilkan fitur yang menarik.

Nah, berikut ini Mister Tekno rangkum 15 trik android yang belum banyak diketahui semua orang:

1. Menonton Video Sambil Membalas Chat


Menonton video di Youtube terkadang membuat Anda lupa untuk membalas sejumlah pesan penting. Solusi agar tetap dapat menggunakan multi tasking, yakni menjalankan kedua kegiatan tersebut secara bersamaan adalah dengan menggunakan fitur split screen (membagi layar).

Cara mengaktifkan fitur multitasking sebagai berikut:
  • Ketuk menu navigasi dengan tanda kotak di kanan bawah ponsel. Menu ini biasa digunakan untuk membuka semua aplikasi yang aktif di ponsel.
  • Menu untuk membuka fitur multitask ini berbeda pada tiap ponsel Android. Pengguna bisa melakukannya dengan menekan dan tahan pada logo aplikasi yang hendak diakses lalu pilih open in split screen view.
  • Beberapa antarmuka pada ponsel Android lain sudah menyiapkan logo splitscreen khusus di kanan atau kiri atas. Logo ini biasanya berupa dua kotak bertumpuk. Pengguna tinggal mengklik logo itu untuk memilih tampilan split screen.
  • Setelah aplikasi tersebut tampil setengah, buka aplikasi lainnya yang juga ingin diakses bersamaan.

2. Layar Tidak Terkunci Secara Otomatis di Lokasi Tertentu


Kata sandi memegang peranan penting di ponsel pintar berbasis Android. Kata sandi maupun pengaman lainnya tentu dapat mencegah ponsel diakses oleh sembarang orang. Namun, tentu sangat merepotkan bila harus terus memasukkan kata sandi setiap ingin menggunakan ponsel walau sedang berada di rumah.

Fitur ini dapat diaktifkan dengan cara sebagai berikut:
  • Membuka Settings -> kemudian Lock Screen -> lalu Smart Lock. 
  • Selanjutnya mengatur seperti alamat lokasi yang diinginkan hingga saat ponsel berada di genggaman Anda.

3. Ganti Kegunaan Tombol Home


Hampir semua tombol home berada di posisi tengah bagian bawah smartphone, dan mempunyai fungsi untuk mengembalikan kita ke home screen jika ditekan sekali. Ketika ditekan dalam waktu lama, tombol ini akan otomatis membawa kita ke Google Assistant.

Padahal, fungsi tersebut ternyata bisa diubah, dengan menginstal aplikasi HomeBot yang bisa didapatkan secara gratis di Play Store, kamu bisa mengubah fungsi tombol Home smartphone kamu dengan enam pilihan yang tersedia seperti launch berbagai aplikasi atau membuka website.

4. Kontrol Android dengan Smartphone Lain Tanpa Internet


Anda bisa mengontrol smartphone Android menggunakan smartphone lain atau bahkan handphone biasa. Keunggulan lainnya, Anda bisa melakukannya tanpa perlu terkoneksi dengan internet.

Cukup dengan aplikasi bernama Memote, Anda dapat mengendalikan smartphone menggunakan handphone lain yang nomornya sudah terverifikasi di aplikasi tersebut. Cara mengendalikannya cukup simpel yaitu menggunakan SMS yang berbagai isi pesannya sudah diatur terlebih dulu di aplikasi.

5. Terima Notifikasi via PC


Bagi sebagian orang ada yang sebagian waktunya dihabiskan bekerja di depan komputer. Sehingga jarang mengecek smartphone, akibatnya Anda melewatkan notifikasi penting di smartphone Anda. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memindahkan segala notifikasi di dalam ponsel pintar masuk ke dalam PC Anda. 

Cukup dengan menggunakan aplikasi Pushbullet yang harus diinstal di PC, bukan di smartphone.. Aplikasi ini dapat mentransfer semua notifikasi yang masuk ke dalam smartphone ke PC yang Anda gunakan.

6. Ubah Tingkat Kecepatan Animasi


Agar dapat menggunakan trik ini, Anda harus menjadi developer bagi smartphone Android.

Caranya adalah sebagai berikut:
  • Masuk ke menu Settings > About Phone > **Build Number **> tekan berulang sebanyak tujuh kali dan Anda akan mendapatkan status Developer options enabled.
  • Setelah itu, Anda bisa langsung melakukan pengaturan untuk menyesuaikan tingkat kecepatan animasi yang kamu inginkan pada opsi "Transition animation scale". Anda bisa mengaturnya menjadikannya lebih lembut atau tajam.

7. Gunakan Smart Lock


Hampir semua orang masih mengunci smartphone dengan PIN atau password biasa. Nah trik ini perlu Anda coba, yakni menggunakan smart lock. Anda bisa memilih metode penguncian smartphone yang lebih mudah tanpa harus mengetik atau memasukkan kode password.

Untuk menggunkan trik ini caranya sebagai berikut:
  • Masuk menu Settings > Security > Smart Lock. 
  • Kemudian pilih lima varian smart lock seperti facial atau voice recognition, yang semuanya sama-sama memudahkan dan terkesan lebih canggih serta futuristik.

8. Kontrol PC dengan Android


Trik ini hampir sama dengan cara diatas, namun bedanya Anda bisa menjadikan smartphone Android sebagai remote untuk mengontrol PC.

Dengan menggunakan aplikasi bernama Unified Remote. Aplikasi ini memiliki banyak fungsi antara lain sebagai mouse dalam PC, mengetik pesan pada PC, membuka file, hingga menyalakan dan mematikan PC.

9. Lindungi Mata Saat Membaca di Malam Hari


Kebiasaan menonton dan membaca di smartphone di malam hari bisa berdampak kurang baik bagi mata Anda. Apalagi jika resolusi cahayanya terlalu terang, mata akan terasa lebih cepat lelah. Anda bisa melindungi mata dari ancaman tersebut dengan trik mudah ini.

Caranya dengan menggunakan aplikasi Twilight, yang bisa mengaktifkan mode redup cahaya. Dan membuat mata Anda lebih nyaman ketika membaca di Android pada malam hari. Selain itu, Anda bisa mengatur waktu agar mode tersebut aktif secara otomatis, dan juga bisa mengatur tingkat keredupan cahaya sesuai dengan kenyamanan mata Anda.

10. Browser Spesialis Multitasking


Trik ini sangat cocok bagi Anda yang mobile dan senang multitasking. Anda membutuhkan sebuah browser yang bisa memberi akses kemudahan kebutuhan Anda. Sebuah browser yang memungkinkan untuk tetap multitasking dan tetap fokus pada laman web penting yang ingin dikunjungi.

Browser tersebut bernama Flynx, browser ini sangat memudahkan aktivitas multitasking. Selain itu, browser ini bisa memangkas konten-konten gak penting dan gak berhubungan dengan yang kamu cari sehingga gak akan membuang waktu.

11. Akses Hard Drive PC via Android


Jika Anda membutuhkan file penting yang hanya ada di PC, padahal saat itu Anda sedang ada di luar dan gak ada orang lain di rumah. Tenang sobat, Anda tetap bisa mengakses data yang ada di hard drive PC dengan smartphone Android.

Caranya dengan menggunakan aplikasi WiFi PC File Explorer. Aplikasi ini akan menyambungkan PC dengan Android sehingga kapan saja Anda butuh data yang ada di PC, Nda tetap bisa mengambilnya melalui smartphone Android.

12. Amankan Ponsel Saat Dipinjam


Jika kebetulan ponsel Anda dipinjam orang lain untuk mengakses suatu aplikasi tertentu, tentu Anda tidak dapat mengawasi apakah ponsel kita tidak sedang digunakan untuk membuka folder atau aplikasi yang sifatnya sangat personal. 

Namun dengan memanfaatkan fitur ini, Anda tak perlu khawatir meminjamkan ponsel pada orang lain. Berikut cara untuk mengaktifkan fitur yang dinamakan Screen Pinning ini:
  • Buka Pengaturan/ Setting
  • Pilih Keamanan & Privasi
  • Pilih Pengaturan lainnya (More Setting)
  • Ketuk "Screen Pinning"
  • Pastikan saat fitur telah diaktifkan, Anda sudah mengaktifkan bersamaan dengan opsi untuk meminta PIN, pola, atau kata sandi Anda.
  • Menu screen pinning pun telah diaktifkan.
Untuk mengunci agar tampilkan ponsel terkunci pada aplikasi tertentu dan orang lain tidak bisa membuka aplikasi lain, berikut caranya:
  • Ketuk menu navigasi dengan tanda kotak di kanan bawah ponsel. Menu ini biasa digunakan untuk membuka semua aplikasi yang aktif di ponsel.
  • Ketika layar ponsel sudah menunjukkan semua aplikasi yang aktif, pilih satu aplikasi yang akan ditahan ketika ponsel akan dipinjam.
  • Geser ke kiri dan kanan untuk memilih aplikasi apa saja yang akan dikunci. Tanda pin akan muncul di bagian bawah aplikasi yang aktif di ponsel.
  • Pilih tanda pin pada aplikasi yang diinginkan.
Saat fitur ini diaktifkan, orang lain yang meminjam ponsel Anda hanya bisa membuka aplikasi yang sudah di pin. Jika orang tersebut mengetuk home maka ponsel akan otomatis terkunci. Untuk membuka ponsel, harus memasukkan password atau pengaman pola dari ponsel tersebut.

13. Menggunakan Android dengan Satu Tangan


Sering kali dari kita bingung saat menggunakan ponsel dengan satu tangan, karena salah satu tangan yang lain sedang sibuk memegang sesuatu. Misalnya seperti saat sedang menulis, namun Anda ingin membalas chat masuk di smartphone.

Hal itu menjadi sulit karena ponsel sekarang ukurannya cukup besar dan sulit dijangkau hanya dengan satu tangan. Untuk memudahkan mengakes tersebut, terdapat jalan pintas untuk mengakesnya secara mudah, yakni dengan cara:
  • Buka Keyboard
  • Buka ikon berbentuk keyboard disebelah ikon pengaturan
  • Pilih menu one-handed keyboard.

14. Mengembalikan notifikasi yang hilang


Kasus yang sering terjadi adalah Anda biasanya secara tidak sengaja menggeser notifikasi yang muncul sehingga menjadi terhapus. Padahal Anda ingin melihatnya dulu sebelum benar-benar membacanya di aplikasi tersebut.

Nah, cara mengembalikan notifikasi tersebut hanya dengan mengetuk dan menahan pada bagian yang kosong di layar beranda. Kemudian pilih Widget dan temukan Settings shortcut. Pilih Notification Log dari daftar dan buka ikon dan lihat riwayat notifikasi Anda.

Tapi pilihan menu Notification log ini tidak tersedia di semua ponsel Android. Hanya ponsel Android dengan antar muka yang mendekati Android murni saja yang memiliki menu saja, seperti Android One. Menu ini ada di Google Pixel 2 XL, Pixel 3, and Razer Phone 2. Tapi Samsung, Huawei, dan Xiaomi tak memiliki menu ini.

Bagi ponsel yang tak punya pilihan menu ini bisa mengunduh aplikasi Unnotification. Aplikasi ini bisa menampilkan semua notifikasi yang pernah muncul.
Baca juga: Kendalikan Android Dari PC

Penutup


Sekian yang bisa Mister Tekno sajikan mengenai 14 trik android yang belum diketahui semua orang. Semoga dengan adanya informasi ini dapat memberikan manfaat untuk Anda pengguna smartphone berbasis Android. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel Tips n Trik selanjutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel