9 Tips Memilih Laptop untuk Bisnis Online

Mister Tekno, 9 Tips Memilih Laptop untuk Bisnis Online – Tahukah Anda tips memilih laptop untuk bisnis online?, Jika anda belum mengetahuinya tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang cara memilih laptop untuk jualan online. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai tips memilih laptop untuk bisnis online secara lengkap yang ada dibawah ini.

tips memilih laptop untuk bisnis online
tips memilih laptop untuk bisnis online

Tips Memilih Laptop untuk Bisnis Online


Saat ini bisnis online semakin hari semakin banyak diminati oleh masyarakat, karena tanpa mengeluarkan modal yang banyak, tanpa harus ke kantor setiap hari, dan waktu yang fleksibel pula. Selain itu, penghasilan yang tidak terbatas menjadi alasan kuat mengapa banyak orang yang tertarik bisnis online.

Bisnis online sendiri membutuhkan koneksi internet dan perangkatnya. Perangkat ini meliputi smartphone maupun laptop yang dapat menunjang pekerjaan. Bagi sebagian orang memang lebih nyaman jika bekerja menggunakan ponsel karena lebih praktis dibawa kemana aja. Namun, ada juga yang lebih nyaman dan senang menggunakan laptop sebagai perangkat bisnis mereka. 

Pasalnya, laptop adalah salah satu alat yang penting sebagai cara jualan online, maka Anda juga harus mempersiapkannya dengan sangat matang agar bisnis online Anda berjalan lancar tanpa ada hambatan apa pun.

Nah, bagi yang suka bekerja dengan laptop, berikut ini Mister Tekno berikan tips memilih laptop untuk bisnis online:


#1. Merk dan Jenis Laptop


Tips pertama sebelum membeli laptop untuk bisnis online adalah pilihlah merk laptopnya terlebih dahulu. Karena saat ini banyak sekali merk laptop yang ada di Indonesia, seperti merk Asus, Dell, Acer, dan masih banyak lainnya.

Setelah itu, Anda tentukan jenis laptop yang akan Anda gunakan sebagai penunjang bisnis online. Laptop hadir dalam berbagai ukuran, mulai dari netbook, hingga laptop dengan ukuran layar besar. Jenis yang Anda butuhkan jelas tergantung pada bagaimana Anda akan menggunakannya. 

Jika Anda sering bepergian, ultra portable dengan ukuran layar 11,6 – 12 inci adalah pilihan yang tepat, atau mungkin laptop utama dengan ukuran normal 13,3 inci – 14 inci. Ultrabooks adalah kategori model baru yang sangat mudah untuk dibawa kemana-mana, selain tipis, laptop jenis ini juga sangat ringan, tetapi biasanya ada bagian dalam konektivitas dan peripheral terintegrasi yang terbatas.

Jika Anda ingin mencari laptop untuk menggantikan komputer /PC, maka laptop dengan ukuran 17 inci adalah yang paling cocok. Dengan ukuran fisik yang lebih ringkas namun tetap mengedepankan layar yang lebih lebar, tentu akan membuat meja kerja anda lebih rapi dan optimal.

#2. Daya Tahan Fisik dan Baterai


Sebagai penunjang jualan online, alangkah lebih baik untuk memilih laptop yang memiliki daya tahan fisik yang prima, dan juga memiliki kapasitas baterai yang awet. Pasalnya, ini berfungsi jika Anda ingin mencoba mengelola bisnis online Anda di luar rumah, sehingga baterai yang awet sangat berpengaruh.

Laptop dengan fisik yang dibangun dari bahan metal jelas sangat kokoh dan bisa dibuat kerja lembur. Tahan goncangan, tahan kondisi cuaca, dan tahan kelembaban udara sekitar adalah fitur yang mampu mempertahankan kesehatan laptop dimasa yang akan datang. Bahkan saat teknologi dalam laptop anda sudah ketinggalan, fisik laptop anda masih mampu menjalankan tugasnya seperti saat pertama kali anda membeli laptop tersebut.

#3. Media Penyimpanan


Faktor ini sangat penting,karena kekuatan bisnis online tentunya terletak pada media yang akan ditampilkan. Bisa berupa foto, gambar, poster, maupun video. Mau tidak mau Anda harus memilih laptop dengan media penyimpanan besar untuk menyimpan gambar dan video agar tidak hilang dan cepat penuh.

Semakin besarnya kapasitas penyimpanan akan memudahkan Anda membuat arsip yang sangat penting sehingga foto dan video tetap akan tertampung.

#4. Sistem Operasi


Anda harus memilih merk laptop yang memiliki sistem operasi yang terbaru. Seperti yang kita ketahui, jika kini Windows 7 sudah tidak mendapat dukungan dari Microsoft sehingga sangat rawan jika dipakai.

Pastikan memilih laptop yang memang memiliki sistem operasi yang Up- to-date, agar aman dan terhindar dari berbagai virus yang bisa merugikan Anda saat bekerja nantinya.

#5. Keamanan


Laptop untuk bisnis dan laptop untuk pengguna pribadi sangat berbeda pada bagian fitur keamanannya. karena laptop yang dipakai para pebisnis adalah laptop yang dilengkapi dengan fitur keamanan seperti fingerprint, face recognation, enkripsi data, password harddisk, bahkan GPS dan lain lain. 

Apabila fitur kemanan semakin lengkap, tentunya Anda tidak perlu khawatir jika data perusahaan Anda jatuh ditangan orang lain yang tidak bertanggung jawab.

#6. CPU dan GPU


Kebanyakan para produsen laptop mementingkan jenis CPU di fitur utama mereka. Karena semakin tinggi kemampuan CPU, maka semakin tinggi pula performa laptop tersebut dalam membantu menyelesaikan pekerjaan. Namun, yang perlu diperhatikan adalah semakin tinggi kemampuan sebuah CPU maka semakin tinggi pula harganya.

Apabila dana yang anda siapkan terbatas, maka pilihlah CPU yang lebih sesuai dengan bujet Anda, jangan sampai anda tertarik pada murahnya harga CPU, sebab kemampuannya jelas akan lebih rendah dan bisa menghambat pekerjaan nantinya.

GPU adalah komponen seperti VGA, fungsi dari GPU adalah hampir sama seperti CPU. Namun, hanya terfokus pada kemampuan menampilkan grafik, komponen ini adalah salah satu perangkat yang cukup berpengaruh pada harga sebuah laptop. Anda sebagai pebisnis tidak memerlukan perangkat ini, cukup menggunakan GPU onboard saja sudah sangat cukup. Beda lagi, jika Anda menggunakan laptop tersebut untuk bermain game atau video editing.

#7. Video Output


Jika Anda sering menggunakan laptop anda untuk presentasi dan terhubung dengan sebuah projector, alangkah baiknya untuk memilih laptop sudah dilengkapi dengan VGA output. 

Namun tidak semua laptop dilengkapi dengan HDMI/DVI, ada baiknya apabila anda memilih laptop sebagai penunjang presentasi pilihlah laptop yang mempunyai video output dalam beberapa type yaitu VGA dan HDMI/DVI.

#8. Data Port


USB, eSATA dan Cardreader adalah data port yang wajib ada pada laptop untuk bisnis online. Jumlah port USB yang disediakan, sangat penting untuk memindahkan data anda dari flashdisk/disk external ke laptop. 

Dalam memilih data port yang baik, utamakan yang menggunakan teknologi USB 3.0, karena USB 3.0 mempunyai kecepatan membaca sampai 10 kali lebih cepat dibandingkan teknologi sebelumnya yaitu USB 2.0. Perbedaan dari keduanya adalah, biasanya port USB 3.0 berwarna biru, hijau atau merah, sedangkan untuk USB 2.0  berwarna hitam.

#9. Konektivitas


Bagi Anda yang mempunyai mobilitas cukup tinggi, tentu anda tidak ingin pernah terputus dari internet saat diluar kantor/tempat kerja. Agar anda dapat selalu terhubung dengan internet, fitur yang wajib ada adalah Wifi, Ethernet, Bluetooth, dan Mobile broadband jika memungkinkan.

Fitur fitur ini dapat menunjang pekerjaan anda saat diluar kantor dan agar anda tetap dapat terhubung dengan dunia luar meskipun anda tidak didalam kantor.

Simak juga videonya dibawah ini:

Baca juga: Macbook yang Cocok untuk Pelajar Maupun Mahasiswa

Kesimpulan


Sekian artikel dari Mister Tekno yang bisa dibagikan, tentang 9 tips memilih laptop untuk bisnis online, dimana memilih laptop untuk bisnis online yang tepat sangat bergantung pada bidang dan tipikal kerja penggunanya. Bodi laptop yang ringan dengan kombinasi baterai yang awet bisa menjadi hal yang penting. 

Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya ke mistertekno.com, jika ada pertanyaan silahkan hubungi Contact Us. Jangan lupa share artikel ini agar orang lain terbantu dengan adanya informasi dalam artikel ini. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel Tips n Trik selanjutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel