√ Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Ponsel Android

Mister Tekno, Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Ponsel Android - Kadang secara tidak sengaja kita menghapus foto yang berharga dari ponsel Android kita. Atau mungkin foto-foto itu hilang semua karena kita melakukan reset pengaturan pabrik.

Nah bagi Anda yang ingin mengembalikan foto yang terlanjur dihapus dari ponsel Android, sebaiknya lakukan beberapa cara dibawah ini:


1. Cara Memulihkan Foto yang Dihapus Dari Penyimpanan Cloud



Sebagian besar aplikasi penyimpanan cloud dan foto (kecuali Instagram) biasanya dilengkapi dengan fitur untuk mencadangkan foto Anda di latar belakang. Jika kita mengaktifkan fitur ini, kemungkinan foto Anda tidak benar-benar dihapus atau masih tersimpan.


Karena menghapus foto dari aplikasi galeri ponsel tidak akan menghapusnya dari layanan penyimpanan cloud. Untuk mengembalikan foto-foto yang dihapus di galeri, cukup masuk ke aplikasi cloud Anda dan unduh sekali lagi.


Di aplikasi Google Foto, buka gambar dan pilih “Simpan ke perangkat” dari menu. Untuk Dropbox, fitur ini terletak di “Ekspor> Simpan ke perangkat”.
Mengembalikan Foto yang Terhapus di Ponsel Android
Google Foto



Cara Mengembalikan Foto yang Dihapus Dari Dropbox


Untuk mengembalikan foto yang terhapus di Dropbox, Anda harus masuk di desktop/komputer untuk memulihkan gambar yang dihapus. Karena cara ini tidak dapat dilakukan di aplikasi.


Buka “File> File Terhapus”, lalu pilih yang ingin Anda pulihkan. Foto yang terhapus ini hanya tersedia selama 30 hari setelah penghapusan.




Cara Mengambil Foto yang Dihapus di Foto Google



Caranya buka aplikasi dan pilih “Trash” atau “Bin” dari sidebar. Tekan lama pada setiap gambar yang ingin Anda pulihkan, lalu tekan “Pulihkan”. Ingat file yang sudah dihapus tetap ada selama 60 hari, jadi sebaiknya segera lakukan cara ini jika ingin foto Anda kembali.




2. Cara Memulihkan Foto Android yang Dihapus dari Kartu SD Anda



Jika Anda menyimpan foto di kartu SD ponsel, untuk mengembalikan foto yang sudah dihapus adalah menghubungkan kartu SD ke komputer dengan card reader maupun kabel data. Dan menggunakan software khusus untuk memulihkan gambar yang hilang, dengan syarat asalkan tidak dienkripsi. Tetapi tidak ada jaminan dengan cara ini.


File yang dihapus pada kartu memori akan tetap ada sampai mereka ditimpa oleh data baru. Segera setelah Anda menyadari telah menghapus foto secara tidak sengaja, keluarkan kartu dari ponsel untuk mengurangi risiko ditimpa.


Software EaseUS Data Recovery Wizard untuk Mengembalikan Foto



Software ini adalah aplikasi gratis terbaik, bisa diunduh untuk OS Windows dan Mac. Caranya, hubungkan kartu memori Anda ke komputer, bisa melalui card reader atau melalui slot kartu SD yang tersedia di laptop.


Lalu instal dan jalankan software ini, setelah dijalankan, Easus Data Recovery akan menampilkan semua drive yang tersedia tempat Anda dapat memulihkan data. 




Pilih kartu memori dan tekan “Scan”. Aplikasi ini akan mulai memindai file apa pun yang dapat dipulihkan. Dengan versi gratis ini Anda dapat memulihkan hingga 2GB data sekaligus. Pemindaian ini dapat memakan waktu hingga 30 menit atau lebih, tergantung pada ukuran kartu dan berapa banyak data yang ada di dalamnya. Tetapi Anda tidak harus menunggu sampai selesai.


Pilih “Type” di panel sebelah kiri. Klik panah tarik turun di sebelah “Grafik” dan pilih “jpg” (atau format file apa pun yang disimpan oleh ponsel). Semua gambar yang bisa Anda pulihkan ditampilkan di jendela utama. Pilih foto yang ingin dipulihkan.




Klik “Pulihkan Sekarang” dan pilih lokasi pada hard drive untuk menyimpan gambar yang akan dikembalikan. Mereka akan mengekspor dan menyimpan di folder mereka sendiri. Lalu Anda dapat menyalinnya kembali ke ponsel.



Menghindari Kehilangan Foto di Ponsel Android



Cara terbaik untuk menghindari kehilangan foto berharga di ponsel adalah dengan menyimpannya di suatu tempat. Dengan menggunakan aplikasi yang dapat mencadangkan foto Android di cloud. Aplikasi ini berjalan di latar belakang, dan tentunya dapat dikontrol kapan mereka mengunggah foto Anda. Sebaiknya setel agar hanya berfungsi ketika ponsel terhubung ke Wi-Fi.


Aplikasi seperti Google Foto menawarkan penyimpanan foto gratis tanpa batas untuk foto ukuran 16 megapiksel dan video 1080p. Sedangkan Flickr menawarkan penyimpanan tanpa batas pada akun Pro (berbayar).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel