√ Mempercepat Kinerja Laptop Dengan SSD

Mistertekno.com - Banyak cara dilakukan pengguna laptop agar laptop mereka bisa bekerja maksimal dan cepat. Mungkin yang lazim dilakukan adalah dengan menambah/upgrade ram, namun dengan aktfitas laptop yang semakin banyak karena program berat seperti software desain, hingga editing video, cara seperti ini terkadang belum maksimal.
Mempercepat Kinerja Laptop dengan SSD
SSD Kingston
Untuk memepercepat kinerja laptop selain dengan menambah memory, sebaiknya Anda bisa juga dengan mengganti HDD dengan SSD.

Apa itu SSD?

Solid State Drive adalah media penyimpanan berbasis sirkuit yang terusun atas beberapa chip memori yang saling terintegrasi, tanpa menggunakan piringan cakram. Sejatinya, jika dibandingkan dengan HDD, SSD memang memiliki fungsi yang sama, namun kecepatan SSD lebih mumpuni, dan terpenting adalah lebih tahan goncangan.Sehingga frekuensi kerusakan data di laptop lebih kecil dengan menggunakan SSD. Selain itu data yang tersimpan dalam SSD juga relatif lebih aman, karena tidak lagi menggunakan lapisan-lapisan magnetik yang memiliki kecepatan indek pencariaan kurang signifikan. 

Perbedaan HDD dan SSD

Lalu apa saja kelebihan SSD dibanding dengan HDD? beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Segi Kecepatan Baca 

Dari segi kecepataan baca dan tulis data, Solid State Drive (SSD) tentu lebih cepat dari HDD. Bahkan lebih cepat hingga delapan kali lipat dari kecepatan HDD. Faktor inilah yang membuat banyak pengguna laptop berlih ke SSD, meski harus mengeluarkan biaya tambahan.

2. Segi Cara Kerja

Kinerja SSD memang menjadi perbedaan yang signifikan. Jika HDD masih memanfaatkan perpaduan antara sistem mekanik dan elektrik sebagai komponen utama, maka SSD lebih mengarah ke sistem full-elektrik tanpa adanya part yang bergerak ketika proses penulisan maupun pembacaan data. Sekilas kinerja SSD mirip seperti proses transfer data yang biasa kita temukan di microSD, RAM, atau USB Flashdisk. 

3. Segi Ukuran dan Bentuknya

Untuk ukuran SSD sendiri memiliki dimensi lebih kecil dari HDD. Cocok untuk Anda yang ingin memiliki media penyimpanan ringkas, namun dengan performa tinggi.

4. Segi Komponen

Kelemahan yang ada pada HDD adalah komponen didalamnya terdiri dari motor penggerak serta piringan cakram yang berputar ketika digunakan, hal ini terkadang membuat performanya semakin menurun jika laptop dalam kondisi panas, tau sudah digunakan berjam-jam. Sedangakan Solid State Drive (SSD) hanya terdiri dari Micro Chip, Integrated Circuit (IC), serta sejumlah komponen elektronik seperti kapasitor sebagai penyimpan arus dan tegangan, yang membuat kinerjanya semakin efisien.

5. Segi Fragmentasi

Fragmentasi adalah suatu ruang kosong di dalam media penyimpanan yang ditimbulkan akibat adanya penghapusan atau perubahan data. Memang pada awalnya, proses pengisian file di dalam harddisk akan tersusun rapi dan saling berurutan, namun seiring waktu berjalan susunan file tersebut akan menjadi berantakan akibat adanya perubahan. Hal inilah yang mengakibatkan kinerja HDD semakin menurun. Namun, kasus seperti ini tidak akan pernah terjadi di Solid State Drive (SSD) karena seluruh data sudah disimpan ke dalam Chip Flash.

6. Segi Efek yang Ditimbulkan

Perbedaan dari segi penerapan teknologi otomatis memberikan efek eksternal berbeda antara SSD dan HDD. Para pengguna PC maupun laptop yang bertenaga HDD tentu sudah sangat familiar dengan suara berisik yang ditimbulkan dari komponen mekanik, sementara laptop yang sudah menggunakan teknologi Solid State Drive (SSD) jauh lebih pelan dan tidak cepat panas karena tidak ada komponen yang bergerak.

Harga SSD
Mempercepat Kinerja Laptop dengan SSD
SSD Samsung
Untuk saat ini harga SSD memang masih tergolong mahal, dikarena masih tergolong sebagai teknologi baru. SSD dijual dipasaran dengan harga yang lebih mahal dari HDD, yakn berkisar antara 400-500ribu dengan kapasitas 120GB. Sedangkan untuk kapsitas 500GB bisa mencapai 1juta lebih, tergantung dari merk SSD itu sendiri. Untuk performa lebih stabil Mistertekno sarankan merk Kingston dan Samsung.

Baca juga:

Kesimpulan

Setelah mengetahui keunggulan dari SSD, sebaiknya mulai ganti HDD Anda dengan SSD sekarang juga. Karena media penyimpanan berbasis SSD (Solid State Drive) memang sangat disarankan bagi Anda dengan kinerja tinggi. Pasalnya, laptop akan memiliki kecepatan booting yang lebih cepat dari biasanya, maupun akses pencarian file yang lebih mudah, serta terhindar dari potensi kehilangan data akibat goncangan ketika perangkat dibawa berpergian.

Tertarik beralih ke Solid State Drive (SSD)?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel