√ Smartphone Cepat Panas? Ini Cara Ampuh Mengatasinya

Mistertekno.com - Seringkali smartphone kita cepat panas atau overheat, apalagi jika sering kita pakai tanpa di istirahatkan. Banyak faktor yang memyebabkan smartphone jadi overheat, mulai dari penggunan ponsel seharian, baterai bermutu kurang baik, memakai casing pelindung yang sangat tebal, serta faktor lain.

Salah satu pemicu utama smartpone cepat panas adalah intensitas hp yang digunakan permainan sangat lama. Game- game berat semacam PUBG membuat kinerja GPU smartphone sangat keras. Sebaiknya, bermain game di samtrtphone cukup 1- 2 jam saja. Sehabis itu, istirahatkan sejenak hp kalian supaya panasnya menurun. Cara ini juga ampuh untuk membuat baterai hp kalian lebih awet.
Smartphone yang Overheat Bisa Memicu Ledakan
Karena smarphone yang cepat overheat berpotensi menyebabkan ledakan pada HP.Sebenarnya produsen ponsel telah mengestimasi supaya tidak terjadi ledakan karena overheat pada produk besutan mereka. Bermacam- macam metode dicoba produsen ponsel untuk menghindari segala kemungkinan buruk yang  terjadi pada smartphone. Saat ni banyak smartphone yang  dipersenjatai dengan sistem pendingin yang maksimal.

Apa saja yang menyebabkan smartphone cepat panas? Simak ulasannya dibawah ini: 

Memakai Aplikasi Streaming Terlalu Lama

Tidak hanya bermain game, aplikasi streaming juga pula dapat membuat hp terasa panas apabila digunakan sangat lama. Streaming memerlukan koneksi internet, serta itu memerlukan energi yang tidak kecil.

Pengaturan Smartphone yang Belum Optimal

Coba kalian cek, apakah pengaturan handphonemu telah maksimal ataubelum. Bisa jadi, terdapat pengaturan yang belum optimal hingga membuat hp kalian jadi overheat.Seperti tingkatan kecerahan layar yang sangat cerah, widget yang sangat banyak, memakai live wallpaper yang boros baterai, dan lain sebagainya.

Pembaharuan Aplikasi serta Software

Aplikasi yang mempunyai bug berpotensi menimbulkan permasalahan pada handphonemu, dan bisa menimbulkan ponsel cepat panas sebab memakai prosesor dengan kurang maksimal. Sebaiknya rutin melakukan pembaruan aplikasi, sebab bug yang ada pada aplikasi sering diperbaiki oleh pengembang setiap saat.

Banyak Aplikasi yang Berjalan Bersamaan

Banyak dari kita membuka aplikasi atau multi taskin secara bersamaan. Halinilah yang bisa menjadi pemicu smartphone cepat panas. Sebaiknya tutup aplikasi yang tidak kalian pakai. Jika kalian malas menutup satu persatu, kalian dapat menggunakan fitur clear recent app yang ada di smartphone merk apapun.

Mutu Baterai yang Buruk

Bila umur handphonemu telah lumayan tua, dapat jadi mutu baterainya telah menyusut. Bila smartphpne yang kalian miliki masih jenis lama di mana baterainya dapat dilepas, sebaiknya bisa mengganti bateraimu dengan yang baru.

Baterai keluaran smartphone terkini umumnya telah mempunyai baterai tanam, sehingga tidak dapat ditukar. Tetapi kalian tenang saja, sebab baterai yang pada hp baru mempunyai energi tahan yang lama.

Sulit Sinyal

Faktor ini juga menjadi pemicu smartphone cepat panas, apalagi samrtphpne menggunakan dual sim, selain cepat panas smartpohne juga cepat habis baterainya. Terlebih jika kita main game yang memerlukan sinyal yang kuat, bisa dipastikan smartphone cepat overheat. Sebaiknya pakai Wi- Fi supaya jaringan mudah dan kurangi beban smartphone.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi Smartphone yang Cepat Panas?

1. Pakai Charger Original

Jangan sampai kita membeli charger yang jelek kuaitasnya,karena hal ini dapat memicu smartphone cepat rusak pula. Biasakan selalu memakai charger asli serta bila rusak, belilah charger asli yang baru. Charger yang asli mempunyai aliran energi yang baik,

2. Cek Pemakaian WiFi

Mengaktifkan WiFi secara otomatis bisa menimbulkan smartphone overheat. Biar wifi kalian tidak menyala terus menerus,kalian dapat gunakan aplikasi bernama Smart Wifi ataupun Wifi Sleeper. Aplikasi ini merupakan metode menanggulangi smartphone yang cepat panas karena pemakaian wifi dengan ampuh.

3. Matikan Bluetooth serta GPS

Sebagian dari kita pengguna smartphone yang membiarkan bluetooth serta GPS senantiasa aktif menyala, padahal tidak lagi digunakan serta diperlukan. 2 fitur ini juga dapat memicu smartphone overheat. Sebaiknya mematikan 2 fitur ini bila memanglah lagi gak diperlukan.

4. Mengurangi Multi-tasking

Spesifikasi smartphone yang terus menjadi dewa memanglah menawarkan performa tokcer buat melaksanakan multi-tasking. Namun, hal yang harus diperhatikan adalah temperatur smartphone dikala melaksanakan multi-tasking. Banyaknya aplikasi aktif yang kalian pakai bertepatan, belum lagi ditambah aplikasi latar belakang yang senantiasa berjalan, pasti hendak menimbulkan smartphone cepat panas.

Dan salah satu aplikasi terbaik buat kurangi multi tasking, yakni aplikasi bernama Hibernaor. Aplikasi ini teruji ampuh menanggulangi smartphone cepat panas.

5. Istirahatkan Smartphone

Sebaiknya istirahatkan smartphone meskipun cuma 30 menit saja. Walaupun cuma satu kegiatan, baik streaming ataupun gaming, tetapi bisa membuat smartphone cepat panas bila dipakai nonstop.

6. Pakai Baterai Original

Dikala ini, pemakaian baterai tanam telah jadi tren penciptaan ponsel. Tetapi dikala baterai telah mulai terletak pada keadaan drop, kita bisa mengubahnya dengan yang baru. Dikala baterai ponsel rusak, hendaknya ubah dengan baterai original yang mempunyai mutu lebih baik serta telah terjamin ketahanannya, meski biayanya lumayan mahal. Umumnya baterai dengan harga murah bermutu kurang baik tidak bertahan lama, kerap panas serta kilat rusak.

7. Perhatikan Ventilasi

Banyak pengguna senantiasa bawa smartphone kemanapun ia pergi. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang memasukkannya ke dalam tas ataupun apalagi celana jeans yang luar biasa ketat. Hal inilah yang memicu smartphone cepat panas serta otomatis memperlambat performa sang smartphone itu sendiri. Jika memang meletakkan smartphone di tempat tertutup, usahakan buat sesekali mengeluarkannya buat memberinya udara fresh.

8. Hapus File Sampah

Seluruh file sampah, cache, sampai cookies yang telah menumpuk, nyatanya jadi salah satu pemicu smartphone cepat panas. Faktor ini bisa menimbulkan akibat langsung pada CPU serta RAM yang nantinya hendak memancing temperatur smartphone jadi kilat panas.
Untuk itu, rutinlah menghapus file, cache serta cookies yang sudah tidak dibutuhkan ataupun yang sudah menumpuk. Biar memudahkan saat menghapus file sampah, kalian dapat mengenakan aplikasi bernama Clean Master.

9. Pakai Aplikasi Pendingin

Untuk mengurangi smartphone cepat panas, terdapat banyak aplikasi yang bisa kalian pakai. Antara lain Cooler Master, Cooling Master ataupun Device Cooler. Aplikasi ini tergolong ampuh mendinginkan ataupun melindungi temperatur smartphone kalian.

10. Instal Aplikasi Seperlunya

Yang  terakhir adalah, sesuaikan aplikasi yang terinstal di  smartphone kalian sesuai dengan daya muat memory di smartphone. Pemakaian banyak aplikasi ini dapat membuat ponsel cepat panas. Meski saat ini banyak ponsel didukung dengan komponen hardware penunjang multitasking, semacam RAM yang besar, sebaiknya install aplikasi seperlunya saja di ponsel kalian. Selain cepat panas, pemakaian aplikasi yang sangat banyak bisa menimbulkan ponsel kerap hang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel