Cara Mudah dan Murah Membersihkan Laptop


Mistertekno.com - Buat kalian yang memiliki laptop, sebaiknya jangan hanya dipakai saja. Karena perawatan rutin minimal 3 bulan sekali wajib untuk dilakukan. Pasalnya laptop yang tidak dirawat dengan baik, akan bisa berakibat rusaknya hardware laptop. Semisal laptop cepat panas maupun lemot, hal ini biasanya disebabkan fan atau kipas laptop banyak debu yang menempel hingga kipas tidak bisa bekerja maksimal.
Cara Murah dan Mudah Membersihkan Laptop
Mungkin sebagian dari kita akan merasa malas jika membersihkan laptop sendiri, dan memilih untuk membawa ketoko computer saja biar cepat. Namun tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk membersihkan sendiri. Selain lebih murah ternyata juga mudah kok. Jika kalian ragu, bisa melihat panduan tutorial di Youtube sesuai tipe laptop kalian sobat!

Berikut cara mudah dan murah membersihkan laptop. Simak yuk!
  1. Langkah pertama jangan lupa sering-sering untuk membersihkan keyboard laptop dengan kuas kecil ukuran 1½ , karena debu yang menempel bisa menyebabkan keyboard cepat rusak.
  2. Jika laptop sudah lemot atau tidak seperti waktu pertama kita pakai, cek juga windowsnya. Biasanya laptop yang sering dipakai akan menumpuk banyak cache di dalam systemnya. Sebaiknya bersihkan dengan program gratisan seperti “CC Cleaner” atau yang lainnya. Jika dirasa masih lemot juga, sebaiknya di install ulang saja. Kalian bisa melihat panduan install ulang di video Youtube.
  3. Laptop yang sering panas atau overheat padahal baru sebentar dinyalakan. Bisa menyebabkan laptop mati tiba-tiba atau restart. Ini bisa disebabkan karena kipas sudah penuh dengan debu yang menempel atau pasta pendingin processor kering. Untuk mengurangi resiko agar laptop tidak cepat rusak, kalian bisa membersihkan kipasnya dengan cara menyedot dengan vacuum cleaner khusus laptop atau juga bisa dengan kuas kecil. Atau cara yang lebih sulit menambah pasta processornya.
  4. Langkah terakhir untuk membersihkan laptop dengan mudah dan murah adalah, sering-sering membersihkan laptop dengan kuas kecil maupun tisu. Dari permukaan laptop hingga bagian bawahnya. Cara ini memang terkesan sepele, namun sebenarnya dengan kita rutin membersihkan laptop. Debu tidak akan menjadi terlalu lengket, karena jika semakin lengket semakin susah pula kita membersihkannya.

Nah sobat Mister Tekno, laptop yang sering dirawat dan dibersihkan akan membuat laptop semakin awet dan tidak cepat rusak. Semoga awet ya laptopnya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel