Sekarang Giliran Earphone-Mu. Sulap Jadi Bluetooth Earphone.

Advertisement

Iklan 970x90px

Sekarang Giliran Earphone-Mu. Sulap Jadi Bluetooth Earphone.

Sabtu, 20 April 2019

Setelah mengembangkan pengalaman perihal menyulap speaker kabel menjadi speaker bluetooth, sekarang saya ingin mengembangkan cara untuk menyulap earphone-mu menjadi bluetooth earphone.
Earphone atau headphone atau headset?
Ketiga-tiganya bisa. Hanya saja, dengan cara yang akan saya paparkan berikut ini, untuk headset mikrofonnya tidak akan berfungsi. Karena komponen yang saya gunakan hanya receiver saja, bukan transmitter. Makara hanya sanggup mendapatkan transmisi saja tapi tak sanggup mengirimkan transmisi.
Pada artikel ini saya akan mengembangkan cara menciptakan bluetooth earphone yang sederhana. Dan, intinya hampir sama dengan cara mengubah speaker kabel menjadi speaker bluetooth, yaitu dengan dukungan Bluetooth Music Receiver. Hanya saja, sebagaimana pemahaman secara umum, yang namanya bluetooth earphone itu yaitu perangkat portable, alias sanggup dibawa-bawa. Makara yang berbeda di sini yaitu sumber daya untuk Bluetooth Music Receivernya, yang bukan berupa adaptor.
Baik, pribadi saja, saya akan memaparkan cara menciptakan blutooth earphone.
Bahan
  1. Earphone/headphone/headset (pada artikel ini saya akan memakai earphone)
  2. Power Bank (disarankan power bank yang kompak/kecil sehingga gampang dibawa-bawa)
  3. Bluetooth Music Receiver

Langkah

  1. Siapkan semua materi yang diperlukan. 
    Bahan yang dibutuhkan
  2. Lalu, ambil earphone dan Bluetooth Music Receiver.
  3. Colokkan Jack Audio 3.5 mm ke lubang audio pada pangkal Bluetooth Music Receiver.
    Jack audio dicolok ke Bluetooth Music Receiver
  4. Kemudian, colokkan ujung Bluetooth Music Converter ke slot USB pada power Bank (seperti charging HP)
    Bluetooth Music Receiver dicolok ke Power Bank
  5. Maka lampu indikator akan menyala. Dan kalau earphone sudah dipasangkan ke telinga, maka akan terdengar suara khas Bluetooth Music Receiver yang siap dipakai.
    Bluetooth Music Receiver Siap Dipasangkan ke earphone
  6. Supaya kondusif saat dimasukkan ke saku, maka kita beri penampang pada satu sisi yang menyatukan power bank dan bluetooth music receiver.
    Penampang
  7. Langkah berikutnya sama ibarat yang telah dipaparkan pada artikel mengenai bluetooth Music Receiver perihal memasangkan bluetooth Music Receiver dengan perangkat lain, dalam konteks ini yaitu earphone. (Gambar ilustrasi tidak memakai smartphone, alasannya yaitu smartphone-nya dipake buat ambil gambar ini. hehehe...)
    Bluetooth Erphone telah terpasang dengan handphone
  8. Terakhir, bluetooth earphone siap dipakai.

Hal yang perlu diperhatikan yaitu

  1. Ukuran tubuh power bank (seperti yang telah disebutkan di atas) Sebisa mungkin gunakan power bank dengan ukuran tubuh yang kecil sehingga gampang mengemasnya bersama perangkat Bluetooth Music Receiver. Kemasan power bank dan Bluetooth Music Receiver.
  2. Bluetoot earphone baterenya sudah embeded di dalam body perangkat. Makara gampang untuk dipakai. Berhubung ini yaitu bluetooth earphone jadi-jadian, supaya mendekati perangkat yang bahu-membahu maka kita mengusahakan semoga power bank dan Bluetooth Music Receiver yummy disimpannya. Bisa dengan menselotip keduanya sedemikian rupa tetapi tidak menutupi lubang jack audio dan slot mikro USB.

Nah, demikian cara menciptakan earphone menjadi bluetooth earphone. Selamat mencoba.