Mengirim File Antar Smartphone Tanpa Bluetooth Dan Tanpa Kuota Internet

Advertisement

Iklan 970x90px

Mengirim File Antar Smartphone Tanpa Bluetooth Dan Tanpa Kuota Internet

Rabu, 24 April 2019

Terkadang kita perlu mentransfer file dalam ukuran besar. Misalnya file foto hasil jalan-jalan/ program keluarga. Sedangkan kita tak membawa laptop/flashdisk. Terpaksa transfer via bluetooth dan waktu transfernya menguji kesabaran. Hehe... Oh iya, bisa juga dikirim via aplikasi WhatsApp. Tapi kualitas fotonya dikompres, jadi lebih rendah. Itupun kalo ada sinyal dan ada kuota. Kalo waktunya mepet dan sinyal internet timbul tenggelam?

Kali ini aku ingin membahas wacana sebuah aplikasi smartphone yang bisa jadi solusi persoalan di atas. Dan, yang pasti, telah banyak orang yang memakainya. Bagi yang belum, bisa segera mencobanya. Apa yang akan dibahas di goresan pena ini? SHAREit. Yap, aplikasi SHAREit.



Apa itu SHAREit?

SHAREit ialah aplikasi yang bisa dipakai untuk menyebarkan file baik antar perangkat smartphone, tablet, maupun komputer. Dengan aplikasi ini, kau bisa mentransfer file dari smartphone-mu ke smartphone temanmu tanpa menggunakan kabel data, bluetooth, maupun koneksi internet. Aplikasi mengirim atau mendapatkan file melalui koneksi Wi-Fi radio. Kaprikornus kita tidak perlu menggunakan koneksi internet. 

Apakah sebatas android ke android? Tidak, kau bisa mentransfer file lintas sistem operasi baik itu Android, IOS, Windows phone, maupun Windows. Kaprikornus kau bisa dengan gampang mengirimkan file dari smartphone-mu yang android ke iphone temanmu ataupun ke laptop.

File yang bisa ditransfer Melalui SHAREit

SHAREit bisa dipakai untuk mengirim file dokumen (office, excel, dll.), foto, video, bahkan aplikasi. Kamu bisa mengirim aplikasi dari smartphone-mu ke temanmu via SHAREit. Sehingga temanmu tidak perlu mendownload di playstore.

SHAREit mempunyai kemampuan mentransfer file dengan sangat cepat dan tak terbatas. Bahkan di laman web-nya pihak SHAREit mengklaim bahwa aplikasi ini bisa mentransfer file dengan kecepatan kira-kira 200 kali lebih cepat dari bluetooth. Sedangkan untuk besarnya file, selama penyimpanan milik perangkatmu masih muat, SHAREit bisa mengirimnya. Artinya, tidak ada batasan ukuran file yang bisa dikirim via SHAREit.

Cara Mengirimkan File dengan Aplikasi SHAREit


Langkah-langkah menggunakan SHAREit

Berikut ini ialah cara mentransfer file dari smartphone ke smartphone. Saya mencobanya pada smartphone dengan sistem operasi android. Di sini aku sebagai pengirim file, dan kau sebagai akseptor file.
  1. Buka aplikasi SHAREit di kedua smartphone.
  2. Sebagai pengirim, aku mengetuk tombol “Send”.
  3. Lalu kau sebagai akseptor mengetuk tombol “Receive”. Dan menunggu file dikirim.
  4. Pada smartphone saya, aku akan masuk ke bab “Select Files” untuk menentukan file yang akan aku kirim. Jumlah filenya terserah mau berapa banyak. Bahkan satu foleder pun bisa. Oke, aku sudah menentukan file-nya.
  5. Lalu aku ketuk tombol “Send” yang ada di pojok kanan bawah layar.
  6. Saya akan masuk ke bab pencarian/pemindaian perangkat lain. Avatar smartphone-mu akan terdetekssi disini.
  7. Kemudian aku ketuk avatar tersebut. 
  8. Di smartphone-mu akan ada seruan konfirmasi, “Accept” atau “Reject”. Ketuk Accept.
  9. File kau terima. Done.
Demikian cara mentransfer file dari smartphone ke smartphone menggunakan aplikasi SHAREit. Saya juga mengulas wacana SHAREit for PC. Di goresan pena tersebut kau bisa mengetahui bagaimana caranya mentransfer file ke laptop/komputer dan sebaliknya. Tertarik? Silahkan kunjungi tautan berikut ini.
Transfer File ke Laptop Tanpa Kabel dan Kuota, SHAREit for PC

Baik, sekian saja ulasan aku mengenai aplikasi SHAREit. Semoga bermanfaat. Terima kasih.