Menampilkan Layar Smartphone Milik Teman Di Layar Smartphone-Mu

Setelah membahas perihal cara menampilkan/memproyeksikan layar smartphone di laptop dan sebaliknya, sekarang aku akan membahas cara menampilkan layar smartphone di layar smartphone yang lain. Jadi, contohnya nih, kau sedang fakir kuota. Padahal mau streaming pertandingan sepakbola, big match lagi. Streamingnya lewat smartphone alasannya yaitu ga ada laptop. Lalu kau ingin numpang nonton di smartphone temanmu yang tajir kuota. Tapi kan sempit, nontonnya berdua di satu layar smartphone. Nah, dapat tuh, pas temanmu streaming di smartphone-nya yang berkuota, kemudian layar smartphone-nya diproyeksikan ke smartphone-mu. Makara kalian dapat nonton dari smartphone masing-masing meski kau sedang fakir kuota. Caranya bagaimana? Oke, kita mulai saja yak, mukadimahnya dicukupkan. Langsung masuk pokok pembahasan.

Langkah Menampilkan Layar Smartphone ke Layar Smartphone Lain


Layar Remdi 4X tampil di layar Infinix Zero 3

Sebelum memulai ritual, eh tutorial, kita cek terlebih dahulu apakah di smartphone yang akan membuatkan layar memenuhi syarat atau tidak. Syaratnya Cuma satu sih, kedua smartphone tersebut kudu punya fitur Cast. Nah ibarat yang sudah pernah aku bahas pada goresan pena sebelumnya, fitur ini mempunyai nama yang berbeda-beda, di smartphone saya, Infinix, namanya Cast (Transmisi). Di tablet lenovo sahabat aku namanya Cast Screen (Layar Transmisi). Di xiaomi sahabat aku berjulukan Cast (Proyeksi).
Bagaimana caranya untuk mengecek fitur tersebut? Biasanya fitur itu sudah ada di kafe atas layar smartphone. Tinggal swap layar ke bawah 2 kali. Atau, cek di setting. Masuk ke setting (pengaturan) di bab pengaturan wireless atau nirkabel. Atau tanya ke simbah google. Hehe...
Jika sudah dicek dan kedua smartphone kalian mempunyai fitur Cast/transmisi/proyeksi. Selanjutnya kita masuk ke program inti, eh pembahasan inti. Yaitu menampilkan layar smartphone lain di layar smartphone milikmu.
Saya mencoba menampilkan layar smartphone sahabat saya. Smartphone aku Infinix Zero 3 dan milik sahabat aku yaitu Redmi 4X. Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut.
  1. Pada kedua smartphone, buka aplikasi Cast.  
  2. Pada beberapa smartphone ada yang begitu dibuka pribadi aktif, contohnya milik sahabat saya. Tetapi di smartphone saya, infinix, harus diaktifkan manual “Enable wireless display”-nya.
  3. Smartphone akan memindai perangkat smartphone di sekitarnya.
  4. Jika sudah muncul, pada smartphone yang layarnya akan ditampilkan, ketuk nama perangkat yang terpindai.
  5. Lalu, di layar smartphone yang akan menampilkan layar smartphone lain akan muncul opsi “accept” atau “decline”. Pilih accept.
  6. Setelah itu akan ada proses Building connection. Ditunggu saja.
  7. Done. Layar smartphone sahabat aku telah tampil di smartphone saya.

Kok tampilanya kecil gini?

Dikarenakan smartphone milik sahabat aku berada dalam mode portrait, jadi yang muncul di layar smartphone aku ya mode portrait. Makara kecil alasannya yaitu layar portrait tampil di layar landscape. Tapi jangan khawatir, bila smartphone yang layarnya ditampilkan di smartphone lain dipakai untuk streaming atau play video dan masuk mode fullscreen, di layar smartphone lain tersebut pun akan tampil fullscreen.
Nah begitu caranya. Sudah mencoba? Berhasil atau tidak? Silahkan bila ingin membuatkan atau bertanya, dapat tulis di kolom komentar. Sekian. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel