Aplikasi Photoscan, Men-Scan Foto-Foto Jadulmu Dengan Smartphone

Advertisement

Iklan 970x90px

Aplikasi Photoscan, Men-Scan Foto-Foto Jadulmu Dengan Smartphone

Selasa, 23 April 2019

Kali ini saya akan kembali mengulas sebuah aplikasi android. Sebelumnya saya telah menulis ulasan mengenai aplikasi android yang berfungsi untuk me-scan dokumen cetak, memo, kartu nama, hasil meeting di whiteboard, dll. Pada kesempatan kali ini saya akan menulis ulasan mengenai aplikasi sejenis, tetapi fungsinya lebih spesifik. Yaitu men-scan foto. Makara bila kau mempunyai album foto cetak dari jaman pra-digital 😆 kau dapat men-scan-nya menggunakan aplikasi ini dan mengabadikan foto jadulmu dalam bentuk file digital. Nama aplikasinya yaitu PhotoScan. 

 Kali ini saya akan kembali mengulas sebuah aplikasi android Aplikasi Photoscan, men-scan foto-foto jadulmu dengan smartphone
Aplikasi PhotoScan

Aplikasi PhotoScan 

Aplikasi PhotoScan yaitu aplikasi yang dikembangkan oleh Google Photos yang berfungsi men-scan foto-foto cetak dengan menggunakan kamera smartphone dan menyimpannya dalam bentuk file digital ke dalam penyimpanan smartphone. Google memang dikenal mempunyai reputasi anggun dalam hal teknologi kamera smartphone. Informasi aplikasi Photoscan ini saya peroleh dari seorang mitra pengguna aplikasi kamera milik Google juga, yaitu Google Camera. Aplikasi Google Camera ini dapat menciptakan foto yang di ambil mempunyai pengaruh bokeh. Kamu dapat mencoba aplikasi tersebut disini. Namun, alasannya yaitu aplikasi tersebut tidak berjalan lancar di smartphone saya yang masih android 6.0, jadi saya tidak memakainya. 

Oke, kita kembali ke aplikasi PhotoScan. Aplikasi ini mempunyai jargon yang bagi saya menarik, suara jargonnya “Photos from the past, meet the scanner from the future.” Yang artinya kurang lebih “ foto dari masa kemudian berpadu dengan scanner dari masa depan.” 

Tampilan Aplikasi Photoscan 

Aplikasi PhotoScan mempunyai tampilan yang sederhana. Aplikasi ini mempunyai fungsi yang sangat spesifik, yaitu scanner foto. Makara ya tombol navigasinya tidak ada yang tersembunyi. Semuanya nampak pada tampilan utama aplikasi. Bahkan, setting/pengaturan aplikasi pun tidak ada. Pengaturan yang dapat dilakukan yaitu lampu flash kamera on/off dan photoscan on/off. Perhatikan gambar di bawah ini. 

 Kali ini saya akan kembali mengulas sebuah aplikasi android Aplikasi Photoscan, men-scan foto-foto jadulmu dengan smartphone
Tampilan dan Bagian-bagian Aplikasi PhotoScan
Keterangan Gambar:
1 : Lampu Flash
2 : Scan Function (jika tombol ini off maka fungsi aplikasi ini hanya sebagai kamera biasa saja)
3 : Shutter
4 : Gallery
5 : Scan Area
6 : Shutter (posisi ditekan)
7 : bundar berjumlah 4 yang berfungsi sebagai indikator frame foto
a : bundar yang berfungsi sebagai pembidik

Cara Menggunakan Aplikasi PhotoScan 

  1. Buka aplikasi PhotoScan 
  2. Hadapkan kamera smartphone ke objek yang akan di scan 
  3. Pastikan objek foto yang akan discan berada dalam frame atau scan area (5)
  4. Pastikan icon tombol scan (2) tidak bertanda silang. 
  5. Tekan tombol shutter (3) sekali, akan muncul 1 lingkaran di tengah (a) dan 4 bundar di empat sudut (7)
  6. Arahkan lingkaran yang di tengah (a) ke salah satu bundar yang ada di salah satu sudut. 
  7. Dilanjutkan ke tiga bundar lainnya secara bergantian. 
  8. Jika sudah, akan muncul tanda centang, dan hasil scan dalam proses penyimpanan. 
  9. Hasilnya dapat dilihat dengan menekan tombol Gallery (4).
  10. Hasil scan juga dapat diedit di Gallery (4). Ada fitur Rotate dan Adjust Corner.

Fitur Aplikasi Photoscan 


Aplikasi ini sudah mengalami beberapa kali pembaruan. Dan tentunya di setiap pembaruan ada perbaikan dan peningkatan kualitas aplikasi. Berikut ini yaitu fitur-fitur yang dimiliki oleh aplikasi photoscan. 
  • Automatic cropping, yang otomatis memotong (crop) tepian foto dengan tepat. 
  • Straight, hasil scan akan menyesuaikan perspektif persegi panjang. 
  • Glare-free, scan tanpa silau cahaya meski menggunakan lampu flash dalam proses scanning-nya. 
  • Smart Rotation, hasil scan akan tetap fokus dan tegak bagaimanapun posisi kamera ketika scanning. 
  • Scan in seconds, proses scanning cepat. Tidak perlu takut kehilangan fokus. 
  • Hasil scan dapat disimpan didalam Google Photos, dapat diedit, dan juga dapat dibagikan kepada orang lain dengan hanya mengirimkan link-nya. 
Nah, menarik untuk dicoba kan. Dengan aplikasi PhotoScan ini dan aplikasi Office Lens yang pernah saya ulas, smartphone-mu akan mempunyai fungsi pemanis yang sangat membantumu. Yaitu sebagai scanner. Kamu dapat mengunduh aplikasi ini di Google Playstore

Baca juga: 
Aplikasi Office Lens, Berasa Bawa Scanner Kemana-mana

Demikian ulasan aplikasi pada kesempatan kali ini. Apabila ada saran, tanggapan, atau komentar silahkan dituliskan pada kolom komentar. Terima kasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat.