Aplikasi Office Lens, Scan Dokumen Dengan Smartphone-Mu

Office Lens yaitu sebuah aplikasi android keluaran dari Microsoft Corporation. Dengan memakai aplikasi ini, kita bisa memakai smartphone kita layaknya mesin scanner. Kita bisa men-scan dokumen-dokumen fisik (dokumen yang sudah diprint) dan menyimpannya dalam bentuk file digital. Meskipun kita memakai kamera smartphone, dengan aplikasi scanner ini hasil objek yang ditangkap akan berbeda dengan hasil pemotretan biasa. Hasilnya akan menyerupai hasil scan memakai mesin scanner ataupun mesin fotocopy. Selain itu, aplikasi office lens juga dilengkapi dengan fitur OCR (Optical Character Recognition). Fitur ini menciptakan kita bisa men-scan dokumen dan akibatnya bisa dikonversi menjadi tekssehingga kita bisa mengeditnya memakai software atau aplikasi office word.

 Office Lens yaitu sebuah aplikasi android keluaran dari Microsoft Corporation Aplikasi Office Lens, Scan Dokumen dengan Smartphone-mu
Aplikasi Office Lens

Keunggulan Aplikasi Office Lens

 Office Lens yaitu sebuah aplikasi android keluaran dari Microsoft Corporation Aplikasi Office Lens, Scan Dokumen dengan Smartphone-mu
Deskripsi Aplikasi Office Lens

Berikut ini yaitu keunggulan aplikasi Office Lens.

1. Ada beberapa pilihan mode
Aplikasi Office Lens mengatakan 3 mode menurut jenis objek yang ingin kita scan. Mode yaitu Business Card, Document, dan Whiteboard. Jika kita akan men-scan objek berupa kartu dan sejenisnya, kita bisa memakai mode Business Card. Kalo kita akan men-scan objek berupa dokumen, surat, buku, dan sejenisnya, kita bisa memakai mode Document. Nah, jikalau kita ingin men-scan bahan pelajaran, kuliah, atau rapat yang ada di papan tuli, kita bisa memakai mode Whiteboard.

2. Dengan office Lens kita bisa men-scan dokumen dari banyak sekali angle/arah.
Keunggulan berikutnya aplikasi Office Lens yaitu kemampuannya menangkap objek dari banyak sekali angle (seperti memotret dengan smartphone) tetapi menghasilkan hasil scan menyerupai dikala kita men-scan objek di mesin scanner/fotokopi.

3. Resolusi Capture/Scan bisa diatur.
Untuk memperoleh hasil yang maksimal, aplikasi Office Lens juga bisa diatur sampai resolusi tertinggi yang dimiliki kamera smartphone kita.

4. Hasil Scan Bisa disimpan dalam beberapa Format File.
Hasil scan dari aplikasi ini bisa disimpan dalam bentuk image, pdf, OneNote, Word document, dan Power Point. Kita bisa menyimpannya dalam beberapa format file sekaligus, atau salah satunya saja, tergantung kebutuhan. Untuk format pdf, Word document, dan Power Point hanya bisa disimpan ke akun One Drive.

5. Aplikasi Office Lens mempunyai fitur OCR
OCR kepanjangannya yaitu Optical Character Recognition. OCR yaitu fitur scanner yang memungkinkankonversi gambar menjadi teks. Dengan fitur ini, hasil scan bisa disimpan dalam bentuk teks dalam format Word Document. Jadi, kita juga bisa mengedit hasil scan tersebut layaknya mengedit teks dalam file Word Document lainnya.

Kekurangan Aplikasi Office Lens

Saya telah memakai aplikasi ini untuk mendokumentasikan berkas pekerjaan menyerupai bahan rapat, daftar hadir, dll. Bagi saya, kekurangan aplikasi ini antara lain yaitu keterbatasan dalam menyimpan file dalam bentuk pdf, word document dan power point. Dimana fitur tersebut hanya bisa dipakai jikalau kita terkoneksi internet dan mempunyai akun onedrive. Mungkin jikalau kita bisa menyimpan hasil scan dalam format tersebut eksklusif ke penyimpanan smartphone, bagi saya itu akan lebih praktis. Kekurangan yang lain, masih bagi saya, yaitu pada fitur OCR akibatnya terkadang tidak maksimal. Ketika kita memakai fitur ini, ada sebagian dari teks yang tidak terkonversi. Ada juga yang hurufnya berubah urutannya. Mungkin hal itu juga dipengaruhi oleh kondisi dokumen yang di-scan. 

Namun, secara keseluruhan, saya puas dan merasa terbantu oleh aplikasi ini. Karena saya seringkali hanya menyimpan file hasil scan dalam bentuk image.

Baiklah, ulasan mengenai aplikasi Office Lens saya cukupkan sekian. Jika kau ingin menjajal aplikasi Office Lens, kau bisa mengunduhnya di google playstore. Apabila ada tanggapan, komentar, maupun pertanyaan, silahkan tuliskan di kolom komentar. Terima kasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel