-->

Iklan

7 Kebiasaan Bikin Laptop Cepet Rusak, Kau Harus Tau!

Kebiasaan yang sanggup bikin laptop kalian cepet rusak, sudah tahu kah kamu? Pada kesempatan kali ini kita akan bahas hal itu ya. Karena kebanyakan dari kita semua lalai dan bahkan tidak mengetahuinya. Merawat laptop sendiri juga terbilang gampang-gampang susah sih, tapi kalau kau tidak memperhatikan kesehatan laptop juga akan berakibat fatal. 

Kalau laptop kalian sudah sakit, maka biaya yang bakal dikeluarkan juga tidak sedikit. Maka dari itu menyerupai fatwa yang sudah populer dari dulu, kalau mencegah selalu lebih baik dari pada mengobati. Kaprikornus merawat laptop dengan menghindari kebiasaan buruk ini, niscaya akan lebih bermanfaat kalau dibandingkan kalau harus memperbaikinya ketika rusak. Baiklah, kini apa saja kebiasaan yang tidak baik untuk dilakukan? Berikut ini kami sudah mengulasnya untuk kamu.

1) Jangan Berlari dengan Laptop

Kebiasaan buruk yang pertama sering lari-lari dengan laptop di dalam tas, terutama kalau laptop kalian pakai hard disk. Selama ada hardisk di dalam laptop kalian, yang namanya lari dengan ada laptop di tas itu sama sekali gak boleh dan harus di hindari. 


Karena dulu pernah kejadian, ada sobat kuliah yang agak kesiangan terus ngejar-ngejar bis sambil bawa laptop di dalam tas nya. Dan final nya ketika sudah di kelas, tiba-tiba laptop nya sudah rusak. Khususnya pada hard disknya ya, jadi kau juga sebaiknya hindari kebiasaan itu. Kalau tidak, nanti resikonya sanggup fatal kawan.

2) Menaruh Tas dengan Cara di Banting

Kalian niscaya pernah, ketika sudah merasa capek dengan kegiatan. Terus pas hingga di rumah, pribadi saja meletakkan tas yang masih ada laptop nya dengan kasar. Tau sendirilah ilustrasinya ya, agak sedikit di banting kalau boleh ngomong. 

Kaprikornus hal ini juga harus diperhatikan gaes, alasannya yaitu guncangan yang di akibatkan ini sanggup ngefek ke hard disk laptop kita. Sayangi laptop mu menyerupai layak nya kami mengasihi pacar mu. Ya, mungkin itu salah satu kalimat yang cocok buatmu ya. Biar tidak asal saja kalau sama si laptop, ntar kalau sudah rusak gres tahu rasa.

3) Jaga Suhu Laptop

Kalau baterai ter expose sama panas, ia umurnya niscaya akan berkurang. Dan itu juga tidak akan baik ke laptop kalian. Salah satu hal yang paling bikin panas, itu ketika fentilasi laptop ke blokir dengan sesuatu.

 Kebiasaan yang sanggup bikin laptop kalian cepet rusak 7 Kebiasaan Bikin Laptop Cepet Rusak, Kamu Harus Tau!

Bahkan banyak juga yang masih memakai laptop di atas mouse pad, bantal, kawasan tidur, selimut, sofa dan diatas barang-barang yang sanggup menghambat fentilasi. Dan pastinya haram banget untuk dilakukan, kalau fentilasi ke block, laptop jadi cepat panas. Dan finally, baterai nya juga akan cepat rusak. 


Kaprikornus harus hindari memakai laptop di atas permukaan yang lunak, gunakan bantalan dengan permukaan keras supaya fentilasi laptop sanggup berjalan dengan lancar. Kalau mau main laptop ya di meja, masa mau di ranjang.

4) Main Laptop di atas Permukaan Kotor

Kadang-kadang kita sering ya, apalagi sebagai anak kos. Kebersihan niscaya menjadi sesuatu yang sulit banget untuk di jaga. Kalau kalian sering main laptop diatas meja, maka sebaiknya meja nya juga dibersihkan ya. Jangan asal digunakan terus-terusan. 

Karena usang kelamaan, debu tersebut akan terakumulasi atau mengumpul ya. Dan masuk kedalam kipas laptop dan karenanya menganggu fentilasi laptop. Kaprikornus jaga hidup sehat demi masa depan laptop kau juga. 

5) Pisahkan Penyimpanan Laptop

Ini biasanya yang sering juga dilakukan, yakni mencampur jadi satu peralatan lain menyerupai mouse, charger, gunting, buku dan alat-alat lain menjadi satu ruangan. Padahal hal itu cukup menciptakan laptop menjadi luka-luka, apakah kalian gak kasihan tuh sama si doi. 

Apalagi kalau kita pas jalan, dan disana pastinya barang-barang akan beradu dong. Itu yang akan menciptakan laptop kalian punya banyak baret, lecet dan lain-lain. Meski pun secara tidak pribadi akan berefek pada kerusakan laptop, tapi minimal akan menciptakan laptop menjadi jelek. 

Dan jawaban terburuk nya yaitu layar nya sanggup rusak duluan gara-gara kebiasaan kau tersebut. Kaprikornus hati-hati ya kalau lagi bawa laptop. Kalau memang tas kalian itu memang hanya ada 1 ruangan saja, usahakan pakai yang namanya wadah latop yang empuk itu. Atau gunakan tas yang ada ruangan kawasan penyimpanan laptop nya. 

6) Jangan Goyang Pas Nyabut Kabel

Ketika ada kabel, baik itu HDMI atau USB yang nyolok ke laptop itu sering banget ada yang nyabut nya kepaksa. Paksa maksudnya bukan dicabut dengan sekuat tenaga ya, tapi dicabut dengan cara di goyang-goyang kiri kanan terlebih dahulu. Kaprikornus sebaiknya jangan lakukan hal itu, don't try this at home. 

Laptop itu gak seneng goyang-goyang, alasannya yaitu waktu nyabut kabel dengan cara di goyang. Lama kelamaan port nya bakal longgar dan imbas nya mungkin gak akan baik kedepan nya. Nah kalau sudah longgar efeknya mungkin jadi perangkat kalian sulit tersambung dengan laptop kalau pas lagi di pakai. 

Kaprikornus yang benar bagaimana dong? Kalau kalian mau nyopot kabel atau flashdisk, usahakan ditarik sekuat tenaga dengan arah yang lurus. Jangan di belokin, alasannya yaitu dikawatirkan itiu tadi. Kalau nanti sudah rusak kan, susah juga ya. 

7) Sleep is Okay

Tidak menyerupai mitos yang berkembang ya, kalau laptop di sleep itu bakal cepet rusak katanya. Kalau berdasarkan saya pribadi sih baik-baik saja. Faktanya laptop yang saya buat nulis artikel ini pun, pakai laptop usang yang sudah 3 tahun an lebih dan sering juga saya sleep. 

Kaprikornus sebetulnya sleep itu cuma membiarkan RAM kalian itu punya tenaga ya, alasannya yaitu ketika RAM gak sanggup listrik secara otomatis terhapus isinya. Dalam kondisi sleep itu, satu-satunya komponen yang menyerap tenaga didalam laptop hanyalah RAM. Jadinya ketika nyalain kembali, semuanya menyerupai semula. Sedangkan HDD ada dalam posisi memarkir alias idle. Kalian ya tinggal lanjut kerja, alasannya yaitu data-data yang ada di RAM itu tinggal diakses kembali oleh laptop. 

Tips Kapan Harus Sleep & Shutdown

Beda dengan Hibernate yang memindahkan isi RAM ke dalam Hard Disk, jadinya konsumsi daya nya sanggup lebih rendah lagi. Bahkan banyak yang beropini bahwa sleep itu tidaklah harmful ke laptop kalian. 

Sebaliknya kalau kalian malah sering mati-nyalain laptop itu ujung-ujung nya bakal lebih berbahaya ketimbang meninggalkan laptop kalian sleep. jadi peraturannya gini aja ya, ketika ada pekerjaan kalian yang belum terselesaikan dan mesti pindah kawasan itu gak papa untuk di sleep. Tapi kalau laptop di tinggal tidur, atau di tinggal untuk hal lain dalam waktu yang usang sebaiknya di shut down saja. Kaprikornus gitu saja kombinasinya, jangan kelamaan di sleep juga walaupun sleep itu gak masalah. Tapi sekali sekali juga di shut down, menyerupai itui saja sih. 

Mungkin itu dulu saja ya, yang sanggup kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Jangan lupa untuk like dan share artikel ini kepada teman-teman kamu. Terima kasih atas kunjungannya dan tetap semangat menjadi orang yang bermanfaat bagi sesama, salam senyum.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel