-->

Iklan

15 Tips Jitu Merawat Komputer, Ampuh!

Tips Komputer kali ini akan membahas perihal tips perawatan komputer. sesudah kemarin saya sempat mengulas perihal Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word, Rapi!. Seperti di buku-buku bacaan sebelum kita masuk ke pada dasarnya saya kasih pengantar dahulu ya hehe Kita dan benda-benda yang ada disekitar kita ialah makhluk yang bersifat bisa rusak, tidak kekal, dan tidak abadi. nah, sata yang sanggup kita simpulkan, yaitu kita itu akan rusak. nah, bagaimana caranya supaya tidak bisa rusak? jawabannya ialah tidak ada caranya. heheh.

Karena hal itu mustahil bisa untuk di cegah. namun jangan kawatir, meskipun tidak bisa di hilangkan, kita bisa memperpanjang umur. yaitu salah satu caranya ialah dengan melakukakan perawatan. heheh begitu jiga denagn benda yang satu ini yaitu komputer. komputre juga harus dirawat loh, supaya bisa awet. nah, mau tau bagaimana caranya merawat komputer dengan baik, mari kita diskusikan disini.

Caranya Merawat Komputer

Komputer juga haruslah dirawat dan dijaga kesehatannya layaknya manusia. Apalagi bagi anda yang setiap hari memakai komputer. Pastinya kalau suatu komputer selalu dinyalakan terus menerus bisa mengalami kerusakan. Untuk menanggulangi hal itu terjadi, anda harus tahu bagaimana cara merawat yang benar. Maka dari itu, mungkin beberapa tips disini bisa menjadi salah satu solusi untuk anda.

 kali ini akan membahas perihal tips perawatan komputer 15 Tips Jitu Merawat Komputer, Ampuh!

Baiklah, pada pertemuan kali ini kami akan mengajak anda untuk belajara bersama. Tema yang kita ambil kali ini ialah seputar cara merawat komputer maupun laptop anda, supaya awet tidak praktis rusak. Bagi anda yang sering memakai laptop setiap hari, perlu anda ketahui beberapa hal dibawah ini. Laptop juga barang yang perlu dijaga kesehatannya layaknya manusia. Okey, kini simak klarifikasi berikut ini:
  1. Bersihkan abu yang melekat pada motherboard dan peripheral lain di bab dalam CPU dengan kuas cat ukuran sedang dan kecil untuk sudut dan celah-celah yang sempit. Lakukan juga pada Power Suply dengan cara membuka casing/box power suply terlebih dahulu dan perhatikan solderan-solderannya apakah perlu dilakukan penyolderan ulang.
  2. Gunakan udara bertekanan tinggi (kompressor) supaya peripheral benar-benar higienis dari debu. Atau cukup dengan Hair Dryer (pengering rambut). Tapi ingat atur pada suhu rendah supaya peripheral tidak meleleh.
  3. Lepas dan pasang kembali soket-soket peripheral. Hal ini untuk menjamin koneksi yang tepat pada konektor-konektor peripheral… cukup sekali saja setiap perawatan PC.
  4. Ingat, Jangan memakai cairan Contact Cleaner dalam membersihan soket-soket konektor peripheral alasannya ialah cara tersebut salah besar. Cairan Contact Cleaner sulit sekali (sangat lama) kering dan justru menciptakan abu praktis menempel.
  5. Perhatikan cara pemasangan Motherboard dan peripheral lainnya apakah ada skrup yang masih kurang atau kendor. Lengkapi dan kencangkan skrup-skrup tersebut
  6. Sesuaikan OS dan Aplikasi dengan spesifikasi komputer dan jangan menyimpan data terlalu besar pada Harddisk. ini akan memperberat kinerja PC
  7. Buatlah partisi Harddisk yang proporsional. Misal Harddisk 80GB dengan Space Used C tidak lebih dari 5GB akan lebih baik kalau kita buat 3 partisi dengan 10GB untuk C, 35GB untuk D dan 35GB untuk E. Dengan demikin jalan masuk untuk System dan loading data akan lebih cepat.
  8. Jangan gunakan PC untuk game-game berat kecuali kalau memang komputer Anda dirancang untuk Game. Kalau memang maniak Game, gunakan saja Playstation.
  9. Gunakan Antivirus yang sesuai dan selalu Update, kalau perlu tiap hari Update… saya paling suka pakai Avira profesional 9.0 yang gratis…. yang penting Update paling tidak tiap 5 hari… Dengan adanya antivirus yang selalu update akan meringankan cara merawat komputer atau tips perawatan komputer atau PC kita.
  10. Gunakan stavolt yang berkualitas. Banyak sekali stavolt murah dan murahan yang hanya bisa mengantisipasi perubahan tegangan PLN yang sempit. Biasanya stavolt menyerupai ini meski secara fisik ukurannya standar tapi sangat ringan dan tidak meyakinkan. Saya cenderung menentukan stavolt dengan Servo Motor alasannya ialah mempunyai stabilisasi yang bagus. Namun ada juga Stavolt sistem Relay yang anggun tapi kini kayaknya sangat sulit diperoleh.
  11. Pada waktu-waktu tertentu lakukanlah Defragment Harddisk untuk menata ulang urutan file-file supaya kinerja komputer lebih ringan. Tetapi jangan terlalu sering..!!
  12. Lakukan Instalasi ulang OS dan Aplikasi apabila dirasa perlu. Instalasi ulang  secara menyeluruh sekali dalam 1 thn rasanya tidak berlebihan untuk penyegaran seluruh system… apalagi kalau kita menginginkan upgrade system. (misal dari XP-SP1 ke XP-SP2 atau XP-SP3)
  13. Lakukan pembatalan atau Remove data atau Aplikasi yang sekiranya tidak efektif  (tidak pernah digunakan)…
  14. Sering-seringlah membersihkan Temporary file, Prefetch file, file-file Chokies dan file-file sampah di Recycle Bin.
    • Langkah-langkah membersihkan File Prefetch :Masuk Explorer – Masuk C:/Windows/Prefetch – Select All (Ctrl-A) – Dell
    • Langkah-langkah membersihkan File Temporary :Masuk Explorer – Masuk C:/Windows/Temp – Select All (Ctrl-A) – Dell
    Setelah kedua langkah di atas jangan lupa bersihkan file2 sampah di Recycle Bin dengan cara Klik kanan Recycle Bin – Klik Empty Recycle Bin – Klik Yes
  15. Jangan segan-segan memanggil teknisi komputer untuk melaksanakan perawatan pada komputer Anda, apabila Anda merasa tidak bisa melakukannya.
Demikianlah artikel perihal 15 Tips Jitu Merawat Komputer, semoga apa yang telah kami rangkum dan sajikan disini bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk anda. Tak hanya sebatas itu saja gosip yang bisa anda dapatkan dari sini, masih ada lagi gosip menarik lainnya menyerupai Cara Merakit Komputer dengan Panduan Ebook Lengkap yang bisa menciptakan anda ahli mengotak-atik komputer anda sendiri.

Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada anda yang telah meluangkan waktunya untuk mencar ilmu bersama disini. Jangan lupa juga untuk membagi gosip ini kepada teman-teman anda supaya mereka juga bisa merawat komputer sendiri. Akhir kata selamat menjalani hari yang indah dan salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel