Sejarah Hardware Atau Perangkat Keras Komputer

Sejarah Hardware, Komputer memang sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Hampir setiap orang kini ini memerlukan komputer untuk mempermudah pekerjaan nya. Sharing kali ini yakni perihal Sejarah Hardware komputer dan perkembangannya, kebalikan dari sejarah software yang saya sharing kemarin. Oke eksklusif saja perihal sejarah hardware atau perangkat keras komputer.
 Komputer memang sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang Sejarah Hardware Atau Perangkat Keras Komputer
sejarah hardware atau perangkat keras komputer 
Definisi Hardware Komputer

Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon).

Charles Babbage yakni spesialis matematika bangsa inggris. Beliau membuat suatu mesin hitung yang disebut difference engine pada tahun 1822. Mesin tersebut digunakan untuk menghitung tabel-tabel matematika. pada tahun 1833, Charles Babbage berbagi lagi difference engine yang dinamakan analytical engine yang sanggup melaksanakan kalkulasi apa saja. Sehingga mesin ini dikenal sebagai General Purpose Digital Computer. Beliaupun dianggap sebagai bapak komputer modern alasannya yakni derma terhadap dunia sangat besar.

Pada tahun 1937, Prof Howard Aikem, spesialis matematika dari universitas Harvard. Beliau merancang penbuatan sebuah komputer yang bisa melaksanakan operasi aritmatika dan kebijaksanaan secara otomatis. Pada tahun 1944, Prof Howard Aikem bekerjasama dengan perusahaan IBM menuntaskan kompute secara elektronik yang diberi nama”Harvard MARK I, Automatic Sequence Controlle Calculator (ASCC). Dalam perkembangannya komputer dibagi dalam beberapa genarasi, sesuai dengan kemampuan (capability), biaya (efficiency), dan penggunaan yan gampang (user frendly).

Menurut Blissmer (1985), komputer yakni suatu alat elektronik yang bisa melaksanakan beberapa tugas, yaitu mendapatkan input, memproses input sesuai dengan isyarat yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
Sedangkan berdasarkan Sanders (1985), komputer yakni sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan sempurna serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis mendapatkan dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori.

Dan masih banyak lagi jago yang mencoba mendefinisikan secara berbeda perihal komputer atau hardware komputer. Namun, pada pada dasarnya sanggup disimpulkan bahwa komputer yakni suatu peralatan elektronik yang sanggup mendapatkan input, mengolah input, memperlihatkan informasi, memakai suatu aktivitas yang tersimpan di memori komputer, sanggup menyimpan aktivitas dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.

Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan gosip (output). Pengolahan data dengan memakai komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau elecronic data processing (EDP). Data yakni kumpulan bencana yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), sanggup berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau campuran dari ketiganya.

Data masih belum sanggup bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut. Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih mempunyai kegunaan dan lebih berati, yaitu berupa suatu informasi. Dengan demikian, gosip yakni hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memperlihatkan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh alasannya yakni itu, pengolahan data elektronik yakni proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatu gosip dengan memakai suatu alat elektronik, yaitu komputer.

Baca Juga : Sejarah software dan aplikasi

Sistem Komputer

Supaya komputer sanggup digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk suatu sistem yang disebut dengan sistem komputer. Secara umum, sistem terdiri dari elemen-elemen yang saling bekerjasama membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut.

Tujuan pokok dari sistem komputer yakni mengolah data untuk menghasilkan gosip sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware. Perangkat keras yakni peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak yakni aktivitas yang berisi perintah-perintah untuk melaksanakan proses tertentu, dan brainware yakni insan yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling bekerjasama dan membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa, hanya berupa benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga tidak sanggup berfungsi kalau tidak ada insan yang mengoperasikannya.

Perkembangan Komputer :
  • Sejarah Hardware Generasi I
 Komputer memang sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang Sejarah Hardware Atau Perangkat Keras Komputer
Sejarah hardware komputer - hardware generasi I 
Generasi 1 : pada tahun 1946-1956, hardware generasi ini mengandalkan ruang tabung hampa (vacuum tube). Komputer ini membutuhkan ruangan yang luas, berkemampuan rendah dan populer dengan daya panasnya. Ukuran penyimpanannya hanya sekitar +/- 2000 byte dan untuk menjalankan aktivitas dan pencetakan masih dilakukan secara manual.
  • Sejarah Hardware Generasi II
 Komputer memang sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang Sejarah Hardware Atau Perangkat Keras Komputer
Sejarah hardware komputer - hardware generasi II
Hardware Generasi 2 : pada tahun 1957-1963. Transistor menggantikan kedudukan vacuum tube dalam menyimpan dan melaksanakan proses informasi. Transistor bentuknya lebih kecil, tidak begitu panas dan mengkomsusikan sedikit tenaga. Ukuran penyimpanan berkapasistas sebesar 32 kb dengan kecepatan 20.000-30.000 perintah per detik.
  • Sejarah Hardware Generasi III
 Komputer memang sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang Sejarah Hardware Atau Perangkat Keras Komputer
Sejarah hardware komputer - hardware generasi III
Hardware Generasi 3 : pada tahun 1964-1975. Intergrated circuit (IC) sudah mulai digunakan pada komputer. Ukuran penyimpanan berkapasitas 2 megabyte dengan kecepatan +/- 5 juta perdetik. Generasi ini pula yang memperkenalkan tekhnologi software yang gampang digunakan.
  • Sejarah Hardware Generasi IV
 Komputer memang sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang Sejarah Hardware Atau Perangkat Keras Komputer
Sejarah hardware komputer - hardware generasi IV
Hardware Generasi 4 : pada tahun 1980-sekarang. Komputer telah memakai teknologi”Very Large-Scale Integrated Circuits (VLSIC). Dalam sebuah chip, teknologi ini bisa menampung jutaan circuit. Chip ini dinamakan dengan microprocessor. Ukuran penyimpanan mempunyai kapasitas yang besar dengan kecepatan jutaan perintah perdetik.

Terima kasih sudah membaca artikel Sejarah Hardware komputer, Jangan lupa share dan subscribe kalau bermanfaat bagi kita semua..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel