Solusi Kartu Sim Tidak Ada Layanan Alasannya Tidak Terdeteksi Di Hp Android

Advertisement

Iklan 970x90px

Solusi Kartu Sim Tidak Ada Layanan Alasannya Tidak Terdeteksi Di Hp Android

Kamis, 05 Januari 2017

Kartu sim tidak terbaca - Bagaimana cara mengatasi kartu sim tidak ada layanan lantaran tidak terdeteksi oleh hp android ? Tentu kita pernah mengalami kejadian dimana hp tidak sanggup mendeteksi kartu sim yang mengakibatkan jaringan menjadi hilang atau tidak muncul. Sinyal yang hilang lantaran sim card tidak terbaca di hp android tersebut tentu sangat menggangu kegiatan keseharian kita. Bagaimana tidak, kita tidak akan sanggup mendapatkan ataupun melaksanakan panggilan baik masuk maupun keluar lantaran kartu sim tidak ada layanan tersebut.

Disamping itu, hp android tidak sanggup membaca kartu sim juga akan menciptakan kita menjadi tidak sanggup konek internet. Kaprikornus apabila kita mendapati kejadian dimana sinyal hilang mendadak ataupun muncul notifikasi "Undetected SIM", "Sim card not inserted"  atau "SIM initialization failure", kita patut mewaspasainya lantaran sanggup jadi terdapat duduk masalah pada kartu sim yang kita gunakan ataupun kerusakan pada smartphone android itu sendiri. Lantas bagaimana cara mengatasi kartu sim tidak ada layanan pada ponsel android yang kita miliki tersebut ? Akan tetapi sebelum kita mencoba untuk melaksanakan perbaikan alangkah lebih baiknya jikalau kita terlebih dahulu mencari tahu akan penyebab kartu sim tidak terbaca di hp android tersebut.

Oleh lantaran itu pada kesempatan kali ini akan mencoba memperlihatkan beberapa informasi untuk mengatasi hp android tidak sanggup membaca kartu sim meskipun sim card sudah terpasang. Perlu untuk kita ketahui bahwa biaya ganti slot sim card hp android bukanlah suatu masalah yang murah. Untuk itu diharapkan suatu pengecekan akan penyebab sim card tidak ada sinyal di hp android tersebut supaya kita tidak salah langkah dalam memperbaikinya. Maka dari itu mari pribadi saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara mengatasi kartu sim tidak terbaca di hp android dibawah ini.

Solusi Kartu SIM Tidak Ada Layanan Karena Tidak Terdeteksi Di Hp Android

cara mengatasi kartu sim tidak ada layanan Solusi Kartu SIM Tidak Ada Layanan Karena Tidak Terdeteksi Di Hp Android

Memang jaringan hp android hilang total secara datang - datang yang dikarenakan kartu sim tidak terdeteksi sanggup disebabkan lantaran kerusakan software maupun hardware. Namun jikalau kita berbicara pada kerusakan hardware maka mengganti daerah kartu sim yaitu yang harus dilakukan. Mengingat harga konektor sim card smartphone android yang terbilang mahal maka disini kami akan mencoba membahas hal - hal yang sanggup kita lakukan sendiri dengan gampang untuk memperbaiki hp android yang tidak sanggup mendeteksi sim card tersebut.

Dan satu lagi yang harus kita ketahui yaitu terlalu sering kita menggonta ganti kartu sim merupakan salah satu penyebab utama kartu sim (sim card) tidak terbaca di hp android. Hal ini dikarenakan munculnya goresan yang mengakibatkan lecet pada Chip di Kartu SIM dan juga pada konektor di HP android tersebut. Untuk itu mari pribadi saja kita simak beberapa langkah yang perlu kita lakukan terlebih dahulu untuk memperbaiki ponsel android yang tidak ada layanan lantaran slot kartu sim yang rusak tersebut.

Cara memperbaiki hp android yang kartu sim tidak terbaca


1. Pastikan Kartu Sim Terpasang Dengan Benar

  • Langkah awal yang perlu untuk kita lakukan semoga jaringan sanggup tersambung atau muncul pada layar ponsel android yaitu dengan memastikan pemasangan kartu sim secara benar. Hal ini memang terlihat sederhana, namun ini yaitu hal yang penting untuk memastikan bahwa kartu sim yang kita gunakan tersebut mempunyai kanal untuk mendapatkan jaringan.

2. Aktifkan Mode Airplane

  • Masalah kartu sim sanggup kita atasi juga dengan mencoba untuk mengaktifkan dan menonaktifkan mode airplane. Selain untuk merefresh jaringan, mode pesawat juga berfungsi untuk memastikan duduk masalah hilang sinyal berasal dari smartphone yang kita miliki atau sedang ada gangguan pada layanan operator.

3. Cek Pengaturan APN

Setiap operator tentu mempunyai access point yang berkhasiat untuk terhubung ke jaringan. Kaprikornus ada kalanya untuk mencoba cek pengaturab access point kartu sim yang kita gunakan, terutama sesudah kita mengganti kartu sim pada hp android yang kita miliki tersebut. Untuk sanggup menyidik pengaturan APN, caranya cukup dengan :

  • Settings > Connections > More Network > Mobile Network > Accec Point Name

4. Bersihkan Cache dan Data Hp Android

Salah satu cara yang sanggup kita lakukan untuk meningkatkan sinyal yaitu dengan cara membersihkan cache dan data di android yang ditinggalkan oleh aplikasi yang terpasang. Untuk clear cache hp android, sanggup kita lakukan dengan langkah - langkah sebagai berikut :

  • Settings > Storage > Internal Storage > Cached Data

Tips Whatsapp :

5. Reboot 

  • Akan tetapi jikalau cara diatas belum juga menciptakan hp android sanggup membaca kartu sim maka langkah termudah yang sanggup kita lakukan untuk mengatasi hp android yang error tersebut yaitu dengan melaksanakan reboot smartphone android yang kita miliki. Namun dikala kita mematikan hp android tersebut jangan lupa untuk mencabut baterai hp android beserta kartu sim yang kita gunakan sebelum menghidupkan ponsel tersebut.

6. Periksa Konektor pada Tempat Kartu

Pada dikala kondisi hp android sedang kita matikan menyerupai langkah di atas, perlu juga untuk kita lakukan pengecekan terhadap konektor pada daerah kartu. Selain itu, sanggup juga sekalian kita lakukan pencucian untuk mencegah maupun mengatasi kartu sim tidak ada layanan di hp android tersebut lantaran slot sim card yang rusak. Berikut langkah - langkahnya :

  • Gosok secara perlahan pada ujung - ujung konektor dan periksa apakah masih normal secara visual, artinya tidak ada yang bengkok atau aus. 
  • Kemudian periksa sambil dibersihkan secara perlahan semoga kotoran atau kerak yang melekat sanggup hilang. 
  • Untuk membersihkan sanggup kita gunakan larutan minyak kayu putih yang diteteskan pada ujung cotton bud. 
  • Pada beberapa tipe ponsel memang ada yang sulit untuk dijangkau, oleh lantaran itu sanggup kita teteskan dan masukkan kapas dan gosok perlahan. 

7.  Pastikan Kartu SIM Dalam Kondisi Bersih

  • Lakukan pencucian menyerupai cara diatas pada chip kartu SIM. Biasanya kartu SIM yang sudah terlalu usang akan muncul titik-titik bekas konektor, bersihkan pada penggalan tersebut, sanggup jadi hanya kerak yang melekat dan menutup koneksi ke Ponsel. Setelah itu pasang kembali.

8.  Tukar Kartu dan Ponsel

  • Langkah termudah selain melaksanakan reboot smartphone yaitu dengan menukar sim card ke hp lainnya untuk memastikan kerusakan terjadi pada kartu sim yang kita gunakan atau pada hp android itu sendiri. Pada pada dasarnya apabila sesudah kita menukar kartu sim pada hp lainnya dan hp tersebut masih saja tidak sanggup mendeteksi sim card maka sanggup dipastikan bahwa kerusakan terjadi kartu sim itu sendiri. Begitu pula sebaliknya, jikalau kita memakai kartu sim lain pada ponsel android yang kita miliki namun tetap saja kartu sim tidak terdeteksi maka terdapat kemungkinan bahwa adanya kerusakan pada konektor hp android.

Baca Juga :

9. Hubungi Customer Service

  • Coba hubungi customer service (sesuai operator yang anda gunakan) dan tanyakan apakah terjadi gangguan pada jaringan untuk memastikannya. Terkadang gangguan jaringan sanggup menjadi penyebab kartu sim tidak terbaca dengan baik.

10.  Factory Reset

  • Dari semua cara di atas apabila sudah kita lakukan semua namun tidak memperlihatkan hasil yang diharapkan lantaran ternyata kemungkinan terbesar penyebab kartu sim tidak ada layanan berasal dari smartphone android yang kita miliki maka factory reset menjadi jalan terakhir sebelum kita melaksanakan penggantian slot sim card.

Demikian pertemuan kita kali ini yang gres saja mengulas perihal cara mengembalikan sinyal yang hilang lantaran kartu sim tidak terdeteksi di hp android. Semoga pertemuan kita kali ini sanggup memperlihatkan manfaat untuk kita semua dan apabila anda kurang yakin akan semua cara di atas maka tidak ada salahnya apabila kita membawa hp android ke service center terdekat, sekian dan terima kasih ..